Yak-“Zone”

iMe…pourquoi?

Dari yang tanpa bentuk menjadi berbentuk, dan dari yang berbentuk kembali menjadi tanpa bentuk – TAI CHI

Dalam Arsitektur, konsep bentuk dan ruang adalah sebuah kesatuan. Di dalam bentuk tercipta sebuah ruang, atau sebaliknya, dalam tatanan ruang menjelma menjadi sebuah bentuk. Dalam sebuah mahzab yang dikenal dengan ‘Form follow Function’ dinyatakan bentuk mengikuti fungsi — yang berarti fungsi mengarahkan bentuk. Seorang Arsitek akan membuat sebuah rancangan bentuk berdasarkan kebutuhan ruang, fungsi-fungsi, identitas dan artikulasi lainnya sesuai permintaan kliennya. Dari sebuah bidang gambar yang kosong, akhirnya akan tertampil sebuah tatanan fungsi, dan selanjutnya muncullah sebuah bentuk. Lalu lihatlah diri anda. Perhatikan bentuk jantung manusia, ginjal, lambung, paru-paru dll, bukankah bentuknya mewakili fungsinya. Saya yakin Tuhan, sang Maha Arsitek Semesta, menciptakan fungsi dan mewujudkannya dalam sebuah bentuk. Manusia… Selengkapnya…

Filed under: sERba-serBI, ,

Seperti air yang banyak membawa manfaat, namun tidak melawan…begitulah Tai Chi

Sengaja saya memberi judul demikian untuk artikel kali ini agar begitu membaca sekilas, para pembelajar bisa menangkap garis besar penjelasan yang saya uraikan nanti. Konsep air ini menjadi ‘pegangan dasar’ bagi pembelajar dan praktisi Tai Chi menghadapi berbagai bentuk pertarungan, entah itu dalam latihan atau pun saat bertarung sesungguhnya.

Kenapa air? ada apa dengan air? apa esensinya? lalu bagaimana penerapannya?… Selengkapnya…

Filed under: sERba-serBI,

TAI CHI dan ‘Chemistry’ tiap karakter pribadi…

Mungkin anda selalu tertarik dengan berbagai seni beladiri, dan seringkali begitu antusias saat melihat demo-demo dari berbagai aliran beladiri yang berbeda. Saya sendiri juga menyukai beragam alternatif pilihan itu dalam beladiri. Akibatnya, dulu saat masih SMA, saya mencoba mempelajari salah satu aliran dari Korea, seringkali mendapat teguran karena melakukan gerakan yang ‘diluar konteks’ atau pattern dari beladiri ini dari Sang Master. Saya sadar jika kesalahan itu karena kelalaian saya sendiri karena tidak ‘in the mood’ dan ‘involve’ dalam beladiri tersebut. Tentu juga, ‘kesalahan’ bukan pada beladiri-nya atau master-nya, tapi pada ‘irama’ tubuh dan ‘mood’ dan ‘pikiran’ saya yang tidak klop, sehingga saat berlatih menjadi tidak sreg. ‘This is not my style….’ Hal itu terulang lagi saat saya belajar seni beladiri yang lain. Ngomong-ngomong, pernah merasa begitu juga?.. :) Selengkapnya…

Filed under: sERba-serBI,

Konsep Pegas dan efeknya dalam TAI CHI

Di dalam ilmu fisika, gaya adalah apapun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami percepatan. Salah satu jenis gaya adalah Gaya Pegas, yaitu sebuah gaya konservatif yang beraksi pada sistem tertutup pada kerja mekanis terkait yang memperkenankan energi untuk mengubah hanya antara bentuk kinetik atau potensial. Gaya ini berasosiasi dengan Pegas yang memiliki Kelentingan dan Elastisitas. Karena gaya tidak bersifat permanen, maka lebih baik asosiasi diarahkan saja pada bentuk Energi nya yang lebih ‘kekal’. Untuk menekan atau meregangkan pegas, kita memberikan energi pada pegas tersebut. Energi yang disimpan pada pegas yang tertekan atau teregang merupakan energi potensial. Ketika pegas yang kita tekan atau kita regangkan dilepaskan, maka energi potensial pegas berubah menjadi energi kinetik. Maka disini, bentuk energinya bisa berupa Energi Kinetik Pegas ataupun Energi Potensial Pegas. Yup, silahkan dibuka lagi buku-buku SMA … dan mesti saya stop disini agar nggak keterusan terjebak di rumus-rumus matematisnya. :)
Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI,

Pernafasan dalam Tai Chi, ‘Menyelam di samudra Energi’

Bernafas, sebuah aktifitas rutin bagi setiap mahkluk yang hidup. Tidak ada satu mahkluk pun yang bisa hidup tanpa nafas. Jadi bernafas mengindikasikan kehidupan.

Dalam khasanah biologi modern, bernafas bagi manusia berarti menghirup sejumlah Oksigen dan menyimpannya dalam kantung-kantung udara yang terdapat dalam paru-paru, dan selanjutnya dalam tingkat molekuler, terjadi penyerapan Oksigen dan berdifusi dalam sel darah untuk selanjutnya dialirkan tubuh dan dipakai untuk berbagai proses faal dalam tubuh yang vital.

Begitu juga dalam beladiri, apapun jenisnya. Setiap beladiri biasanya terdiri dari dua aspek utama, yang saling berkesinambungan. Aspek Eksternal, yang biasanya berupa rangkaian gerakan (jurus), teknik-teknik perang/bertarung atau mungkin teknik penunjang lainnya yang bisa dilihat bentuknya dan dipelajari teknisnya, entah apakah itu tendangan, pukulan, kuncian, bantingan dan lain sebagainya. Dan aspek Internal, yang berupa teknik pernafasan atau pengolahan energi.

Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI,

“Tidak Perlu Terburu-buru, Namun Cepat!”…

“Gak usah kesusu, ning cepet”, atau tranlasinya dalam bahasa Indonesia adalah: “Tidak perlu terburu-buru, namun cepat.”
Kata-kata itu adalah sebuah nasehat dari seorang senior saya, pada sebuah perkumpulan rutin mingguan sekitar tahun 2004. Disaat itu saya sedang butuh masukan dan jalan keluar atas sebuah masalah.
Waktu itu saya bingung dengan literasi kata-katanya. Berulangkali saya coba bertanya apa artinya, dan berulang kali saya mendapat jawaban yang sama,
“Yang penting lihat ke dalam diri saja dulu, nanti pasti tahu artinya.” Sudah? Tampaknya begitu.Titik. Namun masih koma bagi saya, atau bahkan masih titik-titik kosong yang perlu diisi jawaban. Selengkapnya..

Filed under: RenuNGan, ,

Delapan gerak dasar tangan & Lima gerak dasar kaki dalam TAI CHI

ichingBeberapa khasanah klasik, disebutkan juga mengenai 13 teknik Tai Chi. Ini bukan merujuk pada 13 gerakan atau formasi, namun lebih kepada delapan gerak dasar tangan dan lima gerak dasar kaki. Pengambilan esensi 13 teknik ini mengacu pada Delapan Diagram (Bagua) dan Lima Unsur (Wuxing).

Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI,

DEJA VU …. sebuah pesan khusus?

DEJA VU… sebuah frasa Perancis dan artinya secara harafiah adalah “pernah lihat“. Saat seseorang mengalami suatu pengalaman yang rasanya pernah dialami sebelumnya. Fenomena ini juga disebut dengan istilah paramnesia dari bahasa Yunani para (παρα) yang artinya adalah “sejajar” dan mnimi (μνήμη) “ingatan”.
Beberapa kurun waktu yang lalu, seorang teman bercerita pada saya tentang fenomena ini. Akhir-akhir ini dia mengalaminya. Kebetulan beberapa bulan sebelumnya saya juga mengalaminya. Dan saat masih kecil dulu, saya sering mengalaminya. Seolah dalam sepersekian detik kedepan, saya bisa memprediksi tentang apa yang saya lakukan selanjutnya, atau orang lain disekitar saat itu akan melakukan apa atau mengucapkan apa, dll, … yang dulu saat saya masih bocah begitu heran saat terjadi. Selengkapnya..

Filed under: RenuNGan, ,

Kuda-Kuda Dasar Dalam TAI CHI…

‘Akarnya ada di kaki, diambil dari kaki, dikendalikan oleh pinggang, diwujudkan di tangan dan jari’

Karena permintaan seorang pembelajar, akhirnya saya mencoba share sedikit pengetahuan praktis tentang kuda-kuda dalam Tai Chi, dengan bahasan singkat dan semoga lebih jelas karena kehadiran gambar-gambarnya. Walaupun demikian, saya selalu menyarankan untuk tetap menanyakan langsung pada praktisi yang ada disekitar anda secara langsung agar posisinya benar dan tidak menimbulkan cedera.
Secara umum, ada 5 kuda-kuda dasar dalam Tai Chi yang harus diketahui oleh praktisi pemula atau pembelajar. Kelima kuda-kuda ini mendasari keseluruhan jurus ketika memeragakan gerakan kontinyu sesuai aliran chi secara keseluruhan.
Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI, ,

Suroboyoan Cuk…#3(telu)#

Salah wong…!!!

Dino iku Cak Manto kethok bungah. Kaet isuk mau, ambek mesam-mesem  dewe deke mlebu ruangan nyar. Ancen dino iki wonge munggah pangkat, dadi manajer nyar nang PT.Thingak-Thinguk, duweke Cak Gabus. Karyawan nang kono wis podho ngapurancang soale oleh Bos nyar an.
Selengkapnya..

Filed under: inTERmeZZO,

Rahasia Gerakan Awal dalam TAI CHI

‘Wuji menciptakan Tai Chi, Tai Chi kembali ke Wuji’

Para praktisi pemula dalam Tai Chi biasanya hanya melakukan Tai Chi dari bentuk koreografinya, bisa saja disertai dengan nafas relaksasi yang mungkin bisa mendatangkan ketenangan dan perasaan rileks di tubuh dan perasaannya. Dalam hitungan beberapa detik, biasanya gerakan permulaan ini sedemikian cepat berlalu dan berlanjut ke rangkaian gerak berikutnya. Padahal dari segi tinjauan energi, gerakan ini adalah awal penghimpunan dan tuning energi chi yang mendasari pergerakan chi pada gerakan-gerakan jurus selanjutnya. Pergerakan chi  akan mengalir ke semua titik dan jalur meridian energi tubuh, serta mengisi kantung-kantung energi pada tiap organ untuk menjalankan sistem faalinya.
Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI, ,

WiFi untuk Rumah Tinggal

52

Menempati rumah nyaman, berarsitektur dengan gaya tertentu, meski mungil, adalah impian minimal bagi semua orang.
Namun masih jarang yang memimpikan rumah tersebut berteknologi nirkabel. Setidaknya bagi mereka yang melek teknologi,
impian ini sepertinya sudah dapat diwujudkan. Wow.. Selengkapnya..

Filed under: koMPuTeR, sERba-serBI, ,

Suroboyoan Cuk…#2(loro)#

Sayembara Juragan Tambak

Juragan tambak, Cak Sidiq, ngadakno sayembara.
“Sopo ae sing wani njegur nang tambakku, bakal oleh Sepeda Montor,” jare Cak Sidiq.
Rodo suwe, mulai akeh wong sing ngumpul ndhelok sayembarane, tapi gak onok sing wani njegur nang tambak.
Masalahe, tambake iku isine dhudhuk iwak tok, tapi boyo precil, nyambik, bajul anakan sing sakbangsane iku.
Mergo dienteni gak onok sing wani njegur, hadiahe digenti dhadhi Kijang Avanza anyar gres. Selengkapnya..

Filed under: inTERmeZZO,

Sholat dan Taichi, adakah hubungannya….???

Sekitar sebulan yang lalu ada seorang yang mengaku bernama, Basuki, menelpon HP saya. Kenalan baru ini bertanya langsung pada saya, ‘Apakah Sholat ada hubungannya dengan Tai Chi?’. Pikiran saya langsung flashback, jika tidak salah dua hari sebelumnya ada sebuah acara di TV yang membahas ulasan tentang Sholat Khusyu’ bersama Ustadz Abu Sangkan. Disitu dijelaskan dan diperagakan gerakan-gerakan sholat berurut dari mulai takbiratul ikram sampai salam…
Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI, , ,

Menulis kebaikan dengan hati dan iman …

Seorang teman menyatakan singkat kalo dia ingin menulis blog, setidaknya ‘cuman sekedar pengen’ begitu istilahnya.

Lalu kata-katanya disambung lagi dengan kalimat ‘yang ditulis apa malah masih bingung’.
Saya jadi teringat saat baru pertama menulis ini, sdama juga, ‘tidak tahu apa yang mesti saya tulis’. Padahal banyak ide tulisan yang berseliweran dan saling berlomba untuk keluar dari otak dan hati saya, tapi lagi-lagi masalahnya adalah mana yang harus keluar duluan. Selengkapnya..

Filed under: RenuNGan, , ,

Wanita, Perempuan dan Gadis…

Kenapa saya harus memilih judul ‘Wanita, Gadis dan Perempuan’, tentu saja karena saya laki-laki, dan Ibu saya seorang perempuan, begitu juga Eyang Putri, Istri saya -Ina, dan puteri saya-Ifa, pun  seorang wanita, serta adik perempuan saya, belum lagi ibu mertua yang semuanya adalah wanita, perempuan dan gadis. Selengkapnya..

Filed under: RenuNGan, , ,

‘Belajar Puasa dari Si Ulat’-(kultum bahan buat iFa..)

‘Mas, nanti kalau sampeyan datang, tolong dibikinin konsep buat Ifa, soalnya diminta kultum ala Pildacil di sekolahnya Kamis nanti..“, begitu kata istri di telepon.

“Ok, ntar tak bikinin, Insya Allah’, kira-kira begitu jawab saya. Selengkapnya..

Filed under: RenuNGan, , ,

Suroboyoan Cuk…..#1(siji)#

Mbah Pa’ul Angon Wedhus

Pas isuk mau Imron pethuk Mbah Pa’ul lagi angon wedhus.
“Mbah, waduh wedhuse sampeyan akeh yo?” jare Imron.
“Yo, lumayan..” jare Mbah Pa’ul.
“Pira kabehe, Mbah” takon Imron maneh. Selengkapnya..

Filed under: inTERmeZZO,

Ramadhan Cinta Menuai Berkah…

Mas,ikutan rapat ya, nanti ditunggu di musholla,ucap seorang teman yang sudah saya anggap saudara/adik dan selepas Isya malam itu. ‘Iya Mas, ikut saja..’, kata yang lain dengan muka serius.
‘Insya Allah.Kesana aja dulu, nanti aku nyusul..’jawab saya. Mmm, undangan yang menarik..

Jika mempertimbangkan dan memperkirakan siapa yang akan datang dalam rapat itu, sepertinya sudah bukan tempatnya, karena yang hadir adalah anak-anak muda, para abg, ikhwan dan akhwat belia. Selengkapnya..

Filed under: RenuNGan, ,

The Beatles buat IT…

YESTERDAY
By : Beatles

Yesterday,
All those backups seemed a waste of pay
Now my database has gone away
Oh I believe in yesterday… ..
Selengkapnya/More..

Filed under: inTERmeZZO,

Fenomena Tahu Campur dan Rujak Cingur…

‘Mmm….mantep So, enak enak..menu langka..’‘, begitu kata teman lama sambil keringatan karena pedas menikmati sensasi khas tahu campur di trotoar Jl. Garuda, Kemayoran, Jakarta Pusat. Seperti tidak puas, dia  ancang-ancang mau memesan rujak cingur juga. ‘Mumpung ketemu So..menu langka, menu langka…’, dan begitu rujak cingur itu terhidang, dengan semangat reformasi, langsung sesendok dua sendok dan seterusnya, ulegan bumbu petis plus sayuran, tempe, tahu, lontong, timun dan cingur sudah pindah ke perutnya. Wuih, … sangat ganas dan bisa dibayangkan nasib organ pencernaannya menerima ‘pemasukan’ yang bercampur aduk seperti itu..hehe.:) Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI,

Balada Sandal Jepit…menghargai diri sendiri..

Menjadi sebentuk sandal jepit mungkin bukanlah sebuah pilihan…

Berprofesi sebagai alas kaki, sandal jepit harus menerima dengan pasrah posisinya yang selalu ada di strata terbawah dan menyerah pasrah tatkala diinjak dan bergesekan dengan brutal pada permukaan aspal, atau sekedar berlepotan lumpur saat musim hujan… Selengkapnya..

Filed under: RenuNGan,

Tai Chi…konsep dasar…

Bagi yang ingin dan berminat atau sedang berlatih Tai Chi Chuan, dibawah ini adalah 10 prinsip dasar yang harus diperhatikan … Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI, ,

Provokasi Negatif VS Provokasi Positif…

Kemaren seorang sahabat terbaik bercerita pada saya tentang intrik dan manuver yang terjadi dikantornya. “Aku sebenarnya malah malu dengan masalah ini. Tapi setelah dibiarkan kok lama-lama malah mengganggu konsentrasi. Akhirnya lapor ke atasan, dan Alhamdulillah…beliau berjanji akan membantu penyelesaian kasus ini. Setidaknya, saya sudah merasa lega dan plong karena rasanya sudah ada yang ikut tahu dan mem-backup….” Selengkapnya..

Filed under: RenuNGan,

Jomblo….menyebabkan gatal-gatal dan jamur!!!

Kapan hari seorang teman mengaku sudah capek menjadi JOMBLO…Saya pikir itu sebuah pengakuan ‘dosa‘ yang cukup signifikan, mengingat yang bersangkutan memang sudah…ah, terlalu privat untuk diceritakan. Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI,

Back to the past…

Pukul delapan Sabtu pagi (26 Juli lalu), HP  butut itu menyalak. “Tumbenan pagi nelpon lagi, padahal semalem udah dilayanin ngobrol curhat di telpon sampai jam 2 dinihari. Ah, mungkin ada yang penting. lagian juga sayang istri…ato masih kangen. hehe”, begitu respon spontan saya. Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI, ,

Wi-Fi Gratis untuk Fasum…

HOTSPOT FOR PUBLIC AREA (alias Wi-Fi Gratis),….mmm, kalo dipikir-pikir bisa menjadi ide brilian jika diimplementasikan oleh pemerintah kota.

Untuk sample, Surabaya sendiri sudah mulai sejak 2007, walaupun statusnya masih percobaan 3 bulan dan setelah itu stop, karena masih harus dihitung lagi biayanya, kata Pak Arif – Wawali Kota Surabaya. Selengkapnya..

Filed under: koMPuTeR, sERba-serBI, , ,

Laptop poligami…mmm, boleh boleh!!!

Dengan tekad bulat (atau sengaja di- ‘bulat-bulatkan’) dan memberanikan diri alias ‘bonek‘, akhirnya saya menginstalasi Ubuntu baru 8.04 Herdy Heron di laptop.
Tttttttttttttttetett..tetetetetetttet…..
Cling… Selengkapnya..

Filed under: koMPuTeR,

Hijrah..hijrah lagi

Hijrah lagi dan lagi..
Setelah 3 minggu diminta senior untuk pindah keruangannya, sekarang si Bos malah minta saya balik lagi keruangan semula. Nyatanya ruangan itu dekat dengan ruangan beliau..
Yah , positive thinking, mungkin beliau punya prediksi kedepan tentang posisi saya..hehe (optimis euy)… Selengkapnya..

Filed under: RenuNGan, , ,

Yang Pertama…

Jika nggak ada yang pertama….nggak mungkin ada yang kedua, ketiga dan seterusnya…

Bikin blog pribadi? wow…’kayaknya asyik’
begitu pertama kali saya pikir… Selengkapnya..

Filed under: sERba-serBI,

Pages

Ngobrol aja disini …. :)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 9 other followers

Almanak

October 2014
M T W T F S S
« Apr    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

TransLatOR !!!

Blog Stats

  • 54,404 hits-pemBaca

Flickr Photos

moscow mime

crete 11

Feeling autumnal evening winds

More Photos

Traffic Map – Posisi Moe …

Donasi ^_^

CO.CC

CO.CC:Free Domain
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.