Yak-”Zone”

iMe…pourquoi?

Rahasia Gerakan Awal dalam TAI CHI

‘Wuji menciptakan Tai Chi, Tai Chi kembali ke Wuji’

Para praktisi pemula dalam Tai Chi biasanya hanya melakukan Tai Chi dari bentuk koreografinya, bisa saja disertai dengan nafas relaksasi yang mungkin bisa mendatangkan ketenangan dan perasaan rileks di tubuh dan perasaannya. Dalam hitungan beberapa detik, biasanya gerakan permulaan ini sedemikian cepat berlalu dan berlanjut ke rangkaian gerak berikutnya. Padahal dari segi tinjauan energi, gerakan ini adalah awal penghimpunan dan tuning energi chi yang mendasari pergerakan chi pada gerakan-gerakan jurus selanjutnya. Pergerakan chiĀ  akan mengalir ke semua titik dan jalur meridian energi tubuh, serta mengisi kantung-kantung energi pada tiap organ untuk menjalankan sistem faalinya.

Gerakan Awal, yang dalam Tai Chi Wudang disebut dalam rangkaian gerakan berurut yaitu Satu Chi Hampa’–’Yin Yang’–’Memutar Kosmos’–’Memulai Perubahan’ dan ‘Menaiki Kuda untuk Menanyakan Jalan’, sebenarnya adalah metode penghimpunan energi chi dan pemadatan alami aspek internal energi, yang merupakan dasar dari Chi Kung atau tenaga dalam. Bagi anda yang belajar Tai Chi gaya Yang dan gaya Wu Kecil (Wu Yu Xiang) dan gaya Sun, gerakan awal ini disebut Gerakan Awal Tai Chi’. Sedangkan dalam gaya Chen dan gaya Wu Besar (Wu Chuan You), gerakan ini disebutKuda-kuda Utama’. Namun secara keseluruhan, kuda-kuda awal dalam Tai Chi bisa disebut sebagai Kuda-kuda Utama dan Kuda-kuda Tai Chi (Menaiki Domba).

Walaupun dari gerakan awal dari berbagai gaya tersebut ada yang berbeda, namun secara dasar para praktisi dapat melakukannya dalam bentuk yang paling sederhana dan dapat dilakukan tersendiri (tanpa meneruskan dalam gerakan berikutnya) untuk melatih kepadatan dan memperbesar energi internalnya. Dan hal itu dilakukan selama periode tertentu yang bervariasi dari beberapa menit hingga satu jam atau lebih.

Gerak dasarnya adalah sebagai berikut:
1. Mulai dalam posisi berdiri tegak dengan kedua kaki cukup rapat dan kedua lengan menggantung alami. Pikiran dan tubuh rileks. Posisi ini disebut posisi Wuji Zhuang’ atau Kuda-kuda Utama. Berat badan bertumpu di dua kaki namun tidak ditumit. Diamkan beberapa saat, dan visualisasikan energi chi diri di sektor Dan Tian bergabung dengan energi kosmis alam.
2. Lalu gerakkan kaki, pindahkan berat tubuh ke kaki kiri (isi), dan gerakkan kaki kanan sejarak satu kaki ke kanan (kosong).Pindahkan berat tubuh dari kaki kiri ke kaki kanan, dan pindahkan kaki kiri (kosong) sejauh dua kaki ke kiri. Lalu biarkan berat tubuh di atas kedua kaki secara penuh.

3. Tekuk sedikit lutut kedepan, dan tubuh tetap rileks dan tegak. lalu angkat kedua lengan ke depan sampai batas dada, dengan siku terlipat seolah membentuk lingkaran di depan.Visualisasikan seolah sedang memegang 3 bola, bola kecil yang dibentuk kedua telapak tangan yang saling berhadapan, bola besar yang dibentuk lengkung dua lengan dan bola lebih besar yang dibentuk oleh paha dan lutut. Bisa juga ditambahkan bola energi imajiner keempat yang melingkupi keseluruhan tubuh anda. Dan diamkan beberapa saat, hingga bola energi itu terasa padat. Posisi ini biasanya juga disebut ‘Mengangkat Air’.

4. Lalu turunkan lagi posisi kedua tangan ke posisi semula, seolah menekan bola energi itu turun ke bawah dan memadat. Lalu ulangi lagi gerakan poin 3, dan lanjutkan ke poin 4. Lakukan gerakan ini berulang dengan visualisasi yang sama.

gerakan-awal1

Ketika berlatih Tai Chi, seseorang normalnya berdiri dalam Kuda-kuda Utama hanya beberapa detik, dan menaikkan lengan (posisi Mengangkat Air) hanya dua kali. Bila kedua gerakan ini dipraktekkan secara terpisah dan berulang-ulang dalam periode waktu dari beberapa menit hingga ke jam, boleh jadi bukan hanya kesehatan dan relaksasi yang anda dapatkan, peningkatan besar dan kepadatan energi juga akan didapatkan.

Bagaimana? anda ingin mencobanya?…

About these ads

Filed under: sERba-serBI, ,

26 Responses

  1. Wawan Lou says:

    Keren!!
    Trims infonya Pak, gambarnya oke.

  2. indrayana says:

    pak, posisi mengangkat air apa serupa dengan posisi memeluk pohon, seperti yang saya tahu dari latihan tai chi yang biasa dengan orang tua2 di monas?

  3. yakzone says:

    betul pak indra…posisi ini bisa memberi anda kontribusi energi yang besar jika dilakukan dengan benar..trimakasih.silahkan dicoba.

  4. gun says:

    tai chi gak masuk fatwa haram mui kan ya?
    itu kok ada gerakan memeluk janda?
    hehehe, cuma becanda kok.
    memang dari dulu paling top taichi master yang satu ini.

    • yakzone says:

      Yang jelas, fatwa haram MUI berlaku untuk posisi Memeluk Janda, Pak…mungkin bisa jadi ada gaya baru dalam Tai Chi, yaitu Janda Style. Cuman saya nggak ikutan lho…..haha..

  5. [...] Rahasia Gerakan Awal dalam Tai Chi « Yak-”Zone”WU CHESS « spectre footnotesTaijiquan en zo… » Blog Archive » Leraar FengYou Li Tai Kung Fu » Blog Archive » Gran Master You Xuan Deeasy2chinese.com » 1 – 1,000,000 in Chinese Numbers SfatInfo » Blog Archive » O cariera in Qigong – maestrul Song YongYoga » Blog Archive » Laugh with Your Eyes!Taostuff » Blog Archive » Why is Tai Chi Hard? (Part 1)Wutang Swordship » Blog Archive » Monkey KingFree Qigong » About Us [...]

  6. ramaputra says:

    mantaff,emang bener gerakan awal taichi ini harus dilakukan dgn benar bahkan guru saya suruh dilakukan selama 6 bulan

  7. Deni says:

    Sangat menarik mas, beruntung saya menemukan web site anda ini ;)

    kebetulan terbersit sejak lama di hati ini untuk belajar taichi, tetapi mungkin belum jodoh sehingga sampai saat ini pun saya belum mulai latihannya :)

    hmmm… untuk pemula yang baru akan belajar tai chi, kira2 taichi aliran apa ya yg paling mudah di adaptasi?

    btw kalo untuk tempat latihan, adakah yang mungkin bisa anda rekomendasikan? oya, saya tinggal di jakarta timur.

    • yakzone says:

      Terimakasih Mas Deni, … kebanyakan aliran Tai Chi yang ada di Indonesia adalah aliran Yang Style. Atau bentuk simple Tai Chi 24, 36 yang biasa diperagakan di Monas saat sabtu pagi jam 06.00 WIB…
      menurut saya, itu sudah cukup sebagai basic ato dasar…walaupun jika nantinya belajar aliran lain hanya perlu mengubah gaya tapi filosofinya tetap sama. Mohon maaf , saya tidak bisa merekomendasikan seseorang untuk saat ini. Mungkin ada rekan2 yang bisa membantu? Terimakasih. Selamat berlatih… :)

  8. muramasa says:

    di jakarta timur ada tempat latihan taichi buat pemula,kontak japri saya aja buat info lebih lanjut

  9. rahman says:

    wow,,,keren….

  10. efendi susanto says:

    Mau nanya gimana caranya bisa dapatkan kaset senam taichi itu ? Terima kasih

    • yakzone says:

      trims responnya pak Efendi..kaset vcd, setahu saya bisa dibeli di toko buku Gunung Agung, Gramedia, dll pak.. atau bisa juga beli online via internet di toko2 online amazon.com dll…selamat berlatih :)

  11. Dikky says:

    Pak, adakah cara membayangkan gerakan chi yang mengalir dalam tubuh, khususnya pada saat gerakan kuda-kuda utama?

    • yakzone says:

      Sdr. Dikky,
      ‘Membayangkan’ atau Mem-Visualisasikan gerakan chi yang mengalir pada saat perform gerakan kuda-kuda Wuji (Utama) sebenarnya tergantung pada kemampuan visualisasi anda sendiri. Saya coba membantu memberi sebuah visualisasi yang mungkin bisa dipakai:
      * Bersamaan dengan saat menarik nafas halus panjang, bayangkan sebuah balok energi putih berpendar masuk melalui ubun-ubun menembus leher dan tubuh atas tegak lurus langsung berhenti dan berkumpul di ‘dantien’ anda, dalam bentuk pusaran bola energi memadat (saat menarik nafas, perut menggembung, tubuh bagian atas rileks).
      *Lalu saat mengeluarkan nafas, bayangkan bola energi di ‘dantien’ yang sebelumnya berpusar memadat akan memancar (menyebar) ke seluruh bagian tubuh keluar tapi dengan inti bola energi itu masih tetap di posisinya ‘dantien’ (saat mengeluarkan nafas, perut mengempis, tubuh atas tetap rileks)
      Untuk sementara ini dulu, berlatih saja dengan tanpa target, tapi ikuti ‘irama ‘tubuh’ & energi anda sendiri. semoga bermanfaat.
      Selamat berlatih … :)

  12. Gunawan Goh says:

    Salam perkenalan Pak Yakzone,
    Saya sudah berlatih Tai Chi – Wu Style, tetapi saya masih belum jelas , bagaimana membayangkan energi masuk ke Tan Tien atau Energi yang mengalir keluar ke tubuh pada waktu melakukan gerakan gerakan Jurus Tai Chinya.
    Misalnya gerakan: Mengangkat kedua tangan, Memukul, memutar tangan, memukul ujung kaki dsb dsbnya.
    Apakah bisa di beri pernjelasan ?

    Terima Kasih saya ucapkan sebelumnya.
    Gunago

    • yakzone says:

      Salam kenal juga Pak Goh,
      Wu Style, setahu saya memiliki tipikal gerakan2 pendek dengan posisi tangan membuka dan menutup, silahkan diralat apa Wu yang saya deskripsikan ini sama dengan yang Bapak latih. Jika tipikal demikian, maka visualisaikan saja saat posisi tangan menutup maka chi anda masuk ke tantien dan saat membuka maka tantien mengalir keluar melalui buku2 jari anda. Proses merasakan dan visualisasi ini selalu saya katakan sangat pribadi karena disinilah letak keunikan tai Chi ini,apa yang pernah anda baca, pengetahuan anda, filosofi anda, kata-kata bijak dari guru anda, kebijaksanaan anda, dll akan di ‘mix’ disini untuk mencerahkan diri anda sendiri tentang diri dan aliran energi tubuh anda sendiri. Jadi silahkan berdialog dengan diri anda, rasakan dulu, ikuti kemana arahnya, dan jika ada hambatan saat tiba-tiba aliran energi ini berhenti tiba2 dan tidak nyaman maka ulangi prosesnya, karena mungkin ada posisi kaki dan pembagian berat yang tidak balance. Bukankah tai Chi adalah menjaga keseimbangan. Sekian dulu semoga bermanfaat. :) selamat berlatih Wu Style ..

  13. Andrew says:

    Salam perkenalan master,
    saya mau menanyakan, bagaimana dgn pernafasan (menarik & menghembuskan) sewaktu melakukan gerakan menunggang domba & mengangkat air, apakah dibiarkan mengalir apa adanya ?

    • yakzone says:

      Salam kenal Bung Andrew,
      Saat mulai menarik tangan naik sejajar dada, maka dibarengi dengan menarik nafas dan menggembungkan perut (nafas perut) sambil memvisualisasi dan merasakan energi terkumpul di dantien. dan saat menurunkan tangan ke depan pusar anda bisa mulai menghembuskan nafas dan mengendurkan perut….
      semoga bermanfaat.
      Selamat mencoba.

  14. erfandi says:

    assalamu alaikum, salam kenal nama sy erfandi, sy sangat tertarik dgn tai chi hal itu berawal saat sy ada kunjungan ke suatu provinsi di china yaitu Chengdu, akhirnya sy sampai bertemu dengan shifu cui di daerah chengdu, beliau memberikan saya beberapa video ttg tai chi awalnya sy hanya berlatih sebagai pengganti jogging dan ternyata tai chi sangat bermanfaat bagi pikiran,emosi dan kesehatan… tetapi sy tdk mengerti cara bernafas dalam gerakan2 tai chi.. mohon di ajari cara bernafas dan bagaimna saya tau apakah tenaga chi saya sdh ada apa gerakan yg saya lakukan selama ini hanya seperti tarian tanpa makna…. tetapi setelah melakukan gerakan tai chi sy selalu merasa tenang.

    • yakzone says:

      Waalaikumussalam Mas Erfandi.
      Salam kenal juga. Sayang sekali anda tidak meminta shifu tersebut soal nafasnya .. silahkan baca bagian lain blog ini, mungkin anda bisa mempelajari beberapa dasar nafas TaiChi…selamat berlatih :)

  15. ddyhart says:

    pagi pak Yakzone… saya dedi, mau nanya pak, saya belum pernah berlatih ilmu beladiri apapun. apa bisa saya serius untuk belajar tai chi pa? makasih…

    • yakzone says:

      Pagi juga mas Dedi,…saya pikir siapapun bisa belajar jika serius, termasuk anda. Yang terpenting, niat awal anda dan kesabaran untuk berlatih saja, tentu juga semangatnya. Begitu? Selamat mengawali latihan :)

  16. medi says:

    saya sangat ingin belajar gerakan taichi pak..
    saya ingin tanya satu hal pak..
    gerakan taichi itu bisa dibilang gerakan beladiri pak..??

    untuk daerah Sumatra Utara ada ga ya tempat latihan taichi khususnya di kota Pematang siantar???

    mohon rekomendasinya pak trim’s

    • yakzone says:

      Pak Medi, gerakan Tai Chi adalah gerakan energi chi anda, menurut bentuknya memang bisa dikatakan gerakan beladiri. Namun untuk rekomendasi, maaf saya tidak berkompeten untuk merekomendasi lembaga apapun, karena blog ini hanya untuk share ilmu saja. Ini agar blog saya tetap netral dan mengambil jalan tengah, tidak memihak organisasi atau personal tertentu. Harap maklum. :) Selamat berlatih

    • ramaputra says:

      coba datangi komunitas2x keturunan tionghoa di kota anda dan cari info dari mereka.pengalaman teman yg belajar taichi seperti itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Almanak

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

TransLatOR !!!

Blog Stats

  • 46,847 hits-pemBaca

Flickr Photos

Masts in the mist

Look into my Eyes.....

Creative Edit I

More Photos

Traffic Map – Posisi Moe …

Donasi ^_^

CO.CC

CO.CC:Free Domain
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: