Yak-“Zone”

iMe…pourquoi?

Pernafasan dalam Tai Chi, ‘Menyelam di samudra Energi’

Bernafas, sebuah aktifitas rutin bagi setiap mahkluk yang hidup. Tidak ada satu mahkluk pun yang bisa hidup tanpa nafas. Jadi bernafas mengindikasikan kehidupan.

Dalam khasanah biologi modern, bernafas bagi manusia berarti menghirup sejumlah Oksigen dan menyimpannya dalam kantung-kantung udara yang terdapat dalam paru-paru, dan selanjutnya dalam tingkat molekuler, terjadi penyerapan Oksigen dan berdifusi dalam sel darah untuk selanjutnya dialirkan tubuh dan dipakai untuk berbagai proses faal dalam tubuh yang vital.

Begitu juga dalam beladiri, apapun jenisnya. Setiap beladiri biasanya terdiri dari dua aspek utama, yang saling berkesinambungan. Aspek Eksternal, yang biasanya berupa rangkaian gerakan (jurus), teknik-teknik perang/bertarung atau mungkin teknik penunjang lainnya yang bisa dilihat bentuknya dan dipelajari teknisnya, entah apakah itu tendangan, pukulan, kuncian, bantingan dan lain sebagainya. Dan aspek Internal, yang berupa teknik pernafasan atau pengolahan energi.

Dalam literatur klasik Tai Chi, pernafasan dilakukan seiring dengan latihan gerakan. Namun dalam prakteknya, seringkali beberapa murid/pembelajar harus belajar lebih rileks dan lebih sabar untuk mengkompromikan antara gerakan dan nafasnya. Saat terpaku di nafas, gerakannya lupa, demikian pula sebaliknya. Ini tergantung dari banyak aspek, meliputi aspek persepsi dan pemahamannya tentang Tai Chi, intelegensi, emosional, teknik belajarnya, pengalamannya dalam dunia beladiri dan lain-lain sebagainya. Spesifik untuk tiap orang.

Dalam Tai Chi, pengolahan nafas dan kontrol energi ini dapat Anda lakukan secara simpel dengan urutan berikut (lihat gambar postur):

a. Tarik nafas perlahan dan lembut melalui hidung dan kembangkan perut, bayangkan energi terkumpul di dantien yang berada 3 inchi dibawah pusar.

b. Perlahan keluarkan nafas perlahan melalui mulut (dan sebagian hidung) dan kempiskan perut ke keadaan semula, bayangkan aliran energi/chi dalam tubuh mengalir ke seluruh tubuh dan keluar melalui mulut & sebagian hidung.

c. Ulangi proses 1 dan 2 terus-menerus hingga anda bisa merasakan ada tumpukan hawa hangat mengalir ke seluruh tubuh terutama di daerah dantien tersebut.

Slide1-1

Jika pernafasan ini sudah familiar, maka mulailah menggabungkannya dalam gerakan Tai Chi yang sudah anda dapatkan. Rasakanlah kapan anda mulai menarik nafas dan kapan anda menghembuskannya.

Saran saya, gerakan dan pernafasan dalam Tai Chi sebaiknya dilatih terus dan sabar. Jika anda berlatih gerakan saja, bisa jadi anda hanya mendapat manfaat Tai Chi seperti tarian/koreografi, yakni fleksibilitaas tubuh, keindahan gerak dan relaksasi-seninya, tapi kehilangan manfaat kesehatan, vitalitas, dan terhambatnya aliran energi yang dapat menjadi sumber penyebab penyakit fisik dan non-fisik. Dengan berlatih nafas yang benar, akan meningkatkan aliran energi harmonis sehingga kondisi pikiran meningkat, yang bermanfaat untuk efisiensi pertarungan dan memungkinkan semua sistem tubuh kita berfungsi dengan layak.

Lalu apa tanda yang menunjukkan anda telah memperoleh aliran energi harmonis dan kondisi pikiran yang meningkat?

Jika tingkat pengendalian energi meningkat, anda biasanya akan dapat merasakan aliran energi menyalurkannya ke bagian tubuh dimanapun. ‘Scanning’ dalam bahasa praktisi tenaga dalam, maupun praktisi energi lainnya. Kondisi pikiran akan lebih tenang, damai dan secara mental anda lebih cerdas dan bugar. Jangan kaget jika nanti ada seorang teman anda yang berkata, ‘Wah, kamu kelihatan begitu tenang dan percaya diri’. Aura yang tidak perlu anda bikin-bikin, karena akan muncul dengan seiring perkembangan kemajuan latihan anda.

Ketika anda menerapkan Tai Chi dalam kesatuan gerakan dan pernafasan, apa yang akan anda rasakan bisa dikatakan dalam sebuah frase Menyelam di samudra Energi’. Penjelasannya sangat sulit, tapi itulah nanti yang anda dapatkan seiring bertambahnya pengetahuan dan kepekaan anda. Bagaimana?..Selamat Berlatih !!!

Filed under: sERba-serBI,

34 Responses

  1. dayyin says:

    uraiannya menarik mas.. ada tekniknya juga.. simpel, mudah dipelajari, tapi tetep butuh ketekunan utk dapat hasil terbaik.. makasih mas

  2. Liu Chan says:

    Trimakasih Master. Saya coba menerapkan yang ditulis di blog ini, hasilnya memang vitalitas jadi naik..dan nafas lebih dalam..apa ini salah satu hasil latihannya???

    • yakzone says:

      Benar. Hasil/manfaat latihannya berjangka panjang saudara Liu, Vitalitas , Energi dan Ketenangan … nafas menjadi lebih dalam dan lembut (tidak tersengal-sengal) karena tubuh akan beradaptasi dan dirileks-kan…Selamat berlatih :)

  3. Yogi says:

    Assalamualaikum, Menarik sekali pak, saya jd sangat tertarik belajar taichi, saya browsing2 dpt informasi bahwa ada ATNI (Asosiasi Tai Chi Chuan Nasional Indonesia) di Denpasar (krna skrg sya tinggal di Bali) mohon informasinya jika anda tau alamat ATNI Denpasar pak, krna meski browsing dan tanya2 d lapangan tp gak ada yg tahu, trima kasih banyak

    • yakzone says:

      Waalaikumussalam Wr.Wb. Mas Yogi, maaf saya tidak tergabung dalam ATNI. Jadi saya tidak bisa membantu anda, .. dan semoga tetap semangat !!! (bagi pembaca yang tahu bisa memberi info ATNI Denpasar pada Mas Yogi)

  4. Ida Bagus Widhianta says:

    Master… Saya mau latihan Tai Chi, tapi saya tinggal di Denpasar Bali, ada nggak tempat latihannya di Denpasar Bali ?
    Terima kasih Master.

  5. Han says:

    Assalamualaikum..
    Uraian anda di atas sangatlah menarik,tp ada sesuatu yg saya msh kurang..
    Bagaimanakah supaya qt bs merasakan aliran energi dari dantien dan ke seluruh tubuh?
    Sebenarnya apakah yg dirasakan itu?
    Terimakasih..

    • yakzone says:

      Waalaikumussalam..
      Pertanyaannya bagus, ‘bagaimana merasakan aliran energi dari dantien ke seluruh tubuh’ dan ‘apa yg dirasakan’ …
      Jawabannya ada 2 kemungkinan :

      Pertama, bagi mereka yang ‘peka’ atau pernah belajar misal Pencak Silat dgn tenaga dalam, dll .. tentu saja rasanya ada 2 tipe : -rasa hawa panas/hangat, dan atau -getaran2 ringan, mengumpul di daerah dantien, yg bisa mengalir ke ujung jari dsb.

      Kedua, bagi yang awam. Untuk awal-awal latihan memang rata-rata tidak terasa. Tapi kalau anda rajin, dan memang kadang butuh lebih dari 6 bulan untuk bisa ‘peka’. Baru bisa merasakan 2 hal yg sudah saya sebutkan diatas. Saya sarankan untuk bisa merasakan, silahkan mencoba latihan teknik pada artikel yang sudah saya tulis sebelumnya Rahasia gerakan awal dalam Tai Chi

      Khusus bagi yang advance (baik dengan background praktisi beladiri, tenaga dalam ataupun energi), saya tidak ingin berkomentar karena pasti sudah pada senyum-senyum membaca posting reply ini. :)

      Begitu mas? Selamat meng-Explore !!!

  6. Han says:

    Terima kasih pak ats jawabnx..
    Sbelumx sy bljr wingchun dan chang chuan..
    Tp skrg sy sdg mengalami ptah tulang kaki,jd apkah it bs menjadi kndala dlm bljr beladiri?

    • yakzone says:

      Wing Chun dan Chang Chuan, lebih banyak memakai jurus2 yg ‘straight’ seperti halnya dalam Karate, dengan arah serangan yg cenderung linear. Beladiri ini memang membutuhkan kecepatan dan kegesitan serta kekuatan. Saya yakin Anda sudah familiar dengan latihan tanding dengan boneka kayu berpalang untuk melatih tiga hal diatas.
      Saran saya, silahkan dihentikan dulu latihannya jika kondisinya patah kaki (sayang, anda tidak menjelaskan dibagian kaki yg mana, dan apakah patah kaki atau engsel lepas)karena pasti akan berpengaruh pada kuda-kuda. Lebih baik segera disembuhkan dulu, baru kemudian mulai lagi dengan latihan ringan. Usahakan tidak berlatih dengan boneka kayunya dulu sd 6 bulan setelah patah tulangnya sembuh/pen telah dilapas.
      Tips ringan, lebih banyak salurkan energi/chi anda di bagian yg patah utk mempercepat kesembuhan dan terbentuknya jaringan tulang yg baru. Jika ingin latihan Tai Chi, cukup gunakan kuda-kuda tinggi dan pendek saja. Begitu…
      Semoga lekas sembuh …

  7. yan kastono says:

    Dear Master, apakah pernapasan taichi sama dhn pernapasan chigong?[tarik via hidung,kumpulkan di tantien, keluar via mulut/energy menyebar kesluruh tubuh]
    Apakah sama dng meditasi vipasana?
    apakah pernapasan taichi dpt berhubungan dgn kundalini?Jika sdg meditasi sering sy merasakan hawa hangat dperut,pd ssat latihan chigong sering terasa ada aliran di telapak tangan sy,apakah artinya?

    Mohon penjelasan master, terima kasih.

    • yakzone says:

      Dear juga Pak Yan …
      Chiqong adalah sebuah metode khusus mengolah chi secara statis dengan pernafasan (yang umumnya memang tarik via hidung, kumpulkan di tantien, keluar via mulut..dan energi menyebar ke seluruh meridian tubuh) … dalam Tai Chi, metode ini dipakai saat jurus awal (seperti metode yang saya tulis di artikel atas) dan akhir (posisi Wuji), sedangkan dalam performa gerakan berikutnya pernafasannya adalah pernafasan lembut dan panjang, natural.
      Jika dibandingkan dengan meditasi vipasana, tentu sudah berbeda konsep. Vipasana menganut konsep cakra-ida/pinggala-sushumna muaranya adalah Yoga, sedangkan taichi/chiqong menganut konsep ‘kantung energi’, titik akupuntur & jalur meridien (utama, sekunder, tersier, dst). Kalau anda memiliki teman yang mendalami pencak silat, anda akan mendengar istilah/konsep simpul-simpul energi. Itu semua adalah konsep2 dari latar belakang budaya yang berbeda. Lalu apakah kundalini bisa berhubungan dengan Tai chi? ..tentu bisa. :).
      Tentang hawa hangat diperut saat meditasi, itulah yang disebut chi di dantien (dalam Tai Chi/Chiqong) dan selanjutnya memang sering terasa ada aliran di telapak tangan, ini berarti chi anda sedang mengalir dan tersebar ke seluruh tubuh, dan telapak tangan anda yang paling peka sehingga bisa merasakan getaran halusnya. Begitu..
      Selamat Berlatih… :)

  8. Menarik sekali. Saya akan coba teknik itu dengan gerakan beladiri yg saya kuasai. Terima kasih Master.

  9. uji says:

    Terima kasih atas penjelasannya..mohon posting gambar gerakan tai chi-nya..

  10. Aslm…Setelah tau bahwa di geogle ada pembelajaran
    tentang taichi,sy sangat senang sekali.Sy mau bertanya tentang taichi,tapi sbelum bertanya ma’af sedikit sy bercerita.Sy pernah belajar taichi pd tahun2000/2001 dan sy ingin mendalami lagi.Tolong kasih petunjuk.TERIMAKASIH.WSLM…

    • yakzone says:

      Waalaikumussalam. Terimakasih sudah membaca blog ini. Dan alhamdulillah jika anda merasa terbantu. Silahkan lanjutkan belajar lagi, dan silahkan ajukan pertanyaan jika bisa tentu saya jawab. :)

  11. Aslm wr wb. Pak sy lama tertarik tai chi cuma yg saya sering dapati hanya perkumpulan tai chi untuk orang-orang tua, saya cari yang bela diri. untuk di Jakarta dan surabaya di mana ya pak, krn kerjaan saya bolak-baik Jakarta Surabaya. yang kedua saya memiliki latar belakang Silat Tapak Suci dan Thifan Po Khan (kung fu muslim, china utara) menurut penjelasan ustad saya Chi dalam kung fu dikenal dengan Istilah Dath (baca, Dah) dalam Thifan Po Khan. Apakah memang sama? Trimakasih

    • yakzone says:

      waalaikumussalam wr wb.
      Latar belakang anda Silat Tapak Suci dan Thifan Po Khan saya pikir sudah bagus, sesuai minat anda, silahkan diteruskan saja, karena saat belajar Tai Chi, sepertinya anda harus merubah total konsep dasar beladiri anda. Tentang Dath/Dah dalam Thifan Po Khan saya tidak mengerti jadi saya tidak bisa menjawab. Kebetulan saya juga belum pernah bertemu praktisi Thifan Po Khan. Demikian, selamat berlatih. Wassalam :)

  12. ikhsan says:

    Assalamu’alaikum shifu, salam kenal saya ikhsan..
    sebelumnya, saya sangat menghormati dan senang sekali ada seorang master yang benar2 mau berdiskusi dg para pecinta beladiri, sangat jarang website seperti ini saya temui, semoga ilmunya diberkahi shifu.

    saya punya dasar wushu dan hanya mempelajari tai chi di wushu. Namun saya belum pernah mempelajari tai chi yang sesungguhnya. Shifu pasti mengerti, sebagai praktisi wushu saya mengakui tai chi yg dipelajari di wushu tak ubahnya seperti senam kesehatan jasmani, tak ada intinya (kultivasi internal)…bahkan di wushu bermain jurus tai chi dg diiringi pernafasan saja sangat jarang diajarkan (bahkan mungkin ada yang tidak mengajarkan).

    sebagai praktisi yg cendrung ke wushu tradisional, saya sangat ingin mempelajari tai chi yg sebenarnya. setelah kesulitan menemukan guru, timbulah ide saya u/ menggabungkan Qi gong yg tengah saya pelajari dg jurus2 tai chi yg saya pelajari diwushu…sejauh ini rasanya usaha saya membuahkan hasil, karena saya sudah mulai merasakan adanya hawa panas yang berasal dari dan tian mengalr ke telapak tangan saya..

    pertanyaan saya :
    1. apakah mungkin shifu dg menggabungkan teknik qi gong dg tai chi wushu, tai chi tersebut bisa dimodifikasi menjadi tai chi yg mempunyai inti (kultivasi internal)??

    2. dari yg saya pelajari saya menemukan sedikit perbedaan, pada artikel di atas saya melihat teknik u/ melepaskan nafas adalah melalui mulut. sedangkan, dalam meditasi qi gong yg saya pelajari (meditasi diam), cara menarik nafas dan mengeluarkan nafas dilakukan dg hidung, dg menempelkan lidah kelangit2 atas supaya aliran yin yang tidak terputus.. bisakah shifu menjelaskan tentang perbedaan ini??

    mohon ilmu dan penjelasannya shifu, saya sangat beruntung menemukan website ini.. terimakasih.

    • yakzone says:

      Waalaikumussalam Wr, Wb
      Salam kenal Mas Ikhsan,
      Baiklah langsung saja saya jawab ya:
      1. Tai Chi sebenarnya sudah satu paket, gerakan (beladiri) dan energi, jadi tidak ada istilahnya modifikasi. Jika hanya salah satu saja manfaat yang didapat, berarti kurang optimal.
      2. Sangat susah jika anda menerapkan ‘menempelkan lidah kelangit2′ (membuat jembatan energi) saat melakukan gerakan, karena itu tidak alamiah. Bisa2 lidah tergigit, jika posisinya pada ‘fighting’ pertarungan. Dalam Tai Chi, saat bergerak, nafas keluar dari mulut dan sebagian hidung. Dalam posisi Wuji (stasioner), anda bisa menerapkan nafas keluar dari mulut, namun saat berubah posisi selanjutnya nafas anda harusnya keluar dari sebagian mulut dan hidung juga, karena ‘jembatan energi’ sebenarnya sudah terbentuk.

      Selamat berlatih :)

  13. Rege Lis says:

    Mat malam Master
    ada yang saya kurang paham
    Soal menarik nafas saat mulai gerakan
    berapa lama melepaskannya

    • yakzone says:

      Salam,
      ada baiknya saya cuplikan lagi isi tulisan saya diatas:
      “Dalam Tai Chi, pengolahan nafas dan kontrol energi ini dapat Anda lakukan secara simpel dengan urutan berikut (lihat gambar postur):

      a. Tarik nafas perlahan dan lembut melalui hidung dan kembangkan perut, bayangkan energi terkumpul di dantien yang berada 3 inchi dibawah pusar.

      b. Perlahan keluarkan nafas perlahan melalui mulut dan kempiskan perut ke keadaan semula, bayangkan aliran energi/chi dalam tubuh mengalir ke seluruh tubuh dan keluar melalui mulut.

      c. Ulangi proses 1 dan 2 terus-menerus hingga anda bisa merasakan ada tumpukan hawa hangat mengalir ke seluruh tubuh terutama di daerah dantien tersebut. ”

      Sejak awal saya katakan ‘perlahan’..maksud saya adalah, anda menarik nafas dan mengeluarkannya secara perlahan. Berapa lama? itu terserah anda, biasanya sekitar 5 detik keatas. Semakin rileks, lambat laun nafas anda semakin dalam dan lama.
      Selamat berlatih

  14. larry says:

    Salam kenal, guru. Nama saya Larry. Saya seorang atlit tinju. Pertanyaan saya adalah; bisakah ‘metode pernafasan Tai Chi’ – yang sudah dijelaskan guru di artikel ini – diterapkan dalam gerakan latihan tinju seperti ‘shadow boxing’? Terimakasih, guru. Salam.

    • yakzone says:

      Salam Kenal Larry,
      Bisa saja anda melambari pukulan dengan teknik memukul di Tai Chi … anda bisa menggunakan ‘kumparan/pegas’ tubuh anda, lalu energi mengalir dari akar dan pinggang naik ke lengan dan kepalan untuk fokus ke sasaran anda via pukulan … kesulitannya adalah, tubuh anda harus rileks selama proses memukul dan sepersekian detik ketika pukulan menyentuh sasaran anda mesti melepas energi yg terkumpul di kepalan yg menyentuh bagian sasaran (biasanya dibarengi napas keluar/lepas)…
      Selamat berlatih

  15. Dicky Zhang says:

    dear master,artikel yang sangat berguna sekali master,terima kasih buat master yang telah meluangkan waktunya buat share teknik olah nafas tai chi saya memberikan +1 .

    master mau tanya biasanya perlu waktu berapa lama belajar pernafasan tai chi,baru bisa belajar gerakan2 dasar tai chi?

  16. fajar says:

    met malem master, mau tanya saya kan pernah ikut pencak silat terus saya belajar gerakan taichi hanya lewat video, kesulitan saya kapan posisi kita menarik nafas dan kapan posisi kita mengeluarkan nafas pada setiap gerakan, trimakasih

  17. lim says:

    Selamat pagi master jika seseorang yang mempunyai basic reiki apakah bisa mempelajari thaichi .dan jika digabungkan apakah akan ada benturan dalam teknik2 antara reiki dan taichi yang memungkinkan seseorang mengalami ketidakstabilan chi dalam tubuh ?terima kasih

    • yakzone says:

      Saudara Lim,
      Reiki dan Taichi bisa saling menunjang … silahkan affirmasi untuk singkron energi saja saat berlatih Tai Chi… :)
      Selamat berlatih

  18. Irwan says:

    salam,
    Apakah anda sendiri mengajarkan tai chi? Kalau iya, boleh tau ngajar/latihan dimana? Sebelumnya saya pernah latihan chen style 19 form dan saya sangat antusias untuk mendalami tai chi. tp sekarang sudah vakum selama 1 tahun karena tidak ada pembimbingnya lagi..terima kasih.

    • yakzone says:

      Salam Saudara Irwan,
      Saya ‘share’ saja…berbagi ilmu. Jika ada yg merasa ‘diajari’ dan menganggap guru, itu adalah hak yang bersangkutan … Jika anda berlatih dengan rasa, saya yakin gerakan Chen yang sudah anda pelajari bisa anda lakukan lagi. Karena tubuh anda sebenarnya sudah merekamnya. Cobalah seperti air kolam yang tenang, agar bening dan energi anda tenang saat berlatih…\
      Selamat berlatih :)

Leave a Reply

Almanak

October 2009
M T W T F S S
« Jun   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

TransLatOR !!!

Blog Stats

  • 52,985 hits-pemBaca

Flickr Photos

Polonia, Birkenau, Vernichtungslager

Iconic River Crossing

700 Years Old

More Photos

Traffic Map – Posisi Moe …

Donasi ^_^

CO.CC

CO.CC:Free Domain
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

