Yak-“Zone”

iMe…pourquoi?

Wi-Fi Gratis untuk Fasum…

HOTSPOT FOR PUBLIC AREA (alias Wi-Fi Gratis),….mmm, kalo dipikir-pikir bisa menjadi ide brilian jika diimplementasikan oleh pemerintah kota.

Untuk sample, Surabaya sendiri sudah mulai sejak 2007, walaupun statusnya masih percobaan 3 bulan dan setelah itu stop, karena masih harus dihitung lagi biayanya, kata Pak Arif – Wawali Kota Surabaya. Tentu, masih perlu dihitung lagi biayanya. namun sederhananya, ide untuk mem-Wi-Fi kan Surabaya sudah patut didukung oleh DPRD setempat, toh nantinya masyarakat kota juga butuh akses informasi yang cepat dan tepat. Pemkot sendiri sebenarnya juga bisa mencari sponsor misal Telkom untuk diajak bekerjasama, maupun sponsor lain (baca:operator lain), dengan profit share sebagai iklan atau media promosi. Misal, untuk sekarang ini Telkom Speedy yang sedang gencar-gencarnya promosi Speedy, mencangkok Wi-Fi gratis di Kebun Bibit-Surabaya. Anggap saja seperti perusahaan memasang billboard, maka media disini adalah space Fasum sebagai ‘billboard‘ area iklan berinternet dari provider tertentu. Dengan demikian, maka banyak Fasum lain yang bisa ‘dijual’ sebagai space ‘iklan’ provider-provider internet yang ingin ber-promo ria.

Upaya ‘mencangkok‘ Wi-Fi di fasilitas umum (fasum) ini saya pikir tidak menjadi masalah selama tetap mengedepankan fungsi utamanya yaitu sebagai fasilitas umum pelayanan publik serta fungsi lainnya. Jika Fasum itu berupa taman, maka perlu dijaga bersama sehingga tetap membuat tempat itu berfungsi sebagai taman kota dan Ruang Tata Hijau. Itu saja.

Dari pengamatan, Kebun Bibit-Surabaya, yang notabene sudah dilengkapi dengan taman flora (pembiakan tanaman obat, tanaman hias, tanaman pendukung penghijauan kota) yang integrated dengan pembuatan kompos dari sampah, serta pemberian sangkar rusa dan mungkin beberapa spesies burung, serta adanya taman bermain bagi anak-anak plus sarana penunjangnya dapat menjadi area publik atau Fasum yang lebih semakin banyak dikunjungi setelah di’cangkok’kan Wi-Fi gratis besutan Telkom Speedy. Saya pernah beberapa kali mencoba akses dan ternyata kecepatannya lumayan (sd 11Mbps, dengan kecepatan download indoor sd 49Kbps) serta jarang diskonek. De factonya, di tempat ini disediakan juga lebih dari 8 unit komputer yang bisa dipake untuk berinternet gratis. Nah, dengan banyak fungsi itu, akan semakin komplit lah fasilitas bagi penduduk kota.

Bukan tidak mungkin, provider-provider lain misal Indosat dengan IM2 nya, atau StarOne, XL dll akan tertarik men’cangkok’ kan Wi-Fi gratis ke fasum-fasum kota sebagai media promosinya. Yang penting, publik tetap harus diuntungkan.

Bagaimana? Tertarik?….

nb.

Untuk Hotspot di Surabaya bisa dicek di http://surabaya.detik.com/detailagenda/0803031134517537

Filed under: koMPuTeR, sERba-serBI, , ,

2 Responses

  1. sumwand says:

    ditunggu laporannya tentang WiFi2 lain yg ada di fasum di sekitar surabaya

  2. yakzone says:

    sip sip….kalo ada yang mau bikin laporan hasil pengamatan, akan saya post-kan…ty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Almanak

August 2008
M T W T F S S
    Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

TransLatOR !!!

Blog Stats

  • 82,596 hits-pemBaca

Flickr Photos

Photonic Symphony

Kuifmees / Crested Tit / Mésange huppée

6922

More Photos

Traffic Map – Posisi Moe …

Donasi ^_^

CO.CC

CO.CC:Free Domain
%d bloggers like this: