Yak-“Zone”

iMe…pourquoi?

Provokasi Negatif VS Provokasi Positif…

Kemaren seorang sahabat terbaik bercerita pada saya tentang intrik dan manuver yang terjadi dikantornya. “Aku sebenarnya malah malu dengan masalah ini. Tapi setelah dibiarkan kok lama-lama malah mengganggu konsentrasi. Akhirnya lapor ke atasan, dan Alhamdulillah…beliau berjanji akan membantu penyelesaian kasus ini. Setidaknya, saya sudah merasa lega dan plong karena rasanya sudah ada yang ikut tahu dan mem-backup….”

Masalah intrik dan manuver, ternyata tak cuma terjadi di kancah politik bernegara, namun dapat menggapai scope yang lebih kecil, seperti kantor. Banyak kejadian seperti ini disekeliling kita, dan kembalinya tentu tergantung sikap pribadi dalam menghadapinya.

Jika dirunut, intrik dan manuver sebenarnya ‘klik‘ tindakan yang disulut oleh beberapa hal, salah satunya ‘Provokasi’. Provokasi berarti upaya mempengaruhi seseorang atau beberapa orang terhadap sesuatu untuk melakukan tindakan sebagai responnya. Kata ‘Provokasi’ sendiri bersifat netral, namun jadi bermakna setelah dipengaruhi 2 kutub yang saling berlawanan. Kebaikan dan Kejahatan. Positif dan Negatif. Dan sebagian orang mungkin lebih senang memanfaatkan keduanya sehingga berada diarea ‘abu-abu‘…in between….Intermediere Zone..

Provokasi Negatif, kebanyakan timbul dari sebuah rasa sakit hati, iri, dengki (berikut ‘saudara-saudaranya’) yang nyaris berasal dari ketidakmampuan pribadi menerima kenyataan. “Mengapa bukan saya yang dipromosikan?…mengapa dia yang berangkat?…mengapa saya yang dihukum?…kok cuman saya yang bikin…kok..kok…kenapa…” begitu lontaran nafsu memprovokasi akal dan perasaan untuk bertindak. Repotnya jika  yang terpendam dalam hati itu diwujudkan sebagai sebuah tindakan. ‘Enak aja, kalo gw gak berangkat, ya yang lain juga gimana caranya nggak boleh berangkat…so sekalian gw bikin kisruh nih kantor’..maka tindakan selanjutnya bisa ditebak, dia akan melakukan provokasi dan intimidasi pada orang disekitarnya, mengadu domba dan membuat suasana kantor pada akhirnya menjadi tidak nyaman. Tapi, disisi lain, psikologisnya, diri sendiri merasa tidak nyaman, gerah dan dunia pun  terasa sempit. Hati tidak tenang, karena provokasi negatif seperti ‘membakar diri sendiri dan orang lain‘. So, apa untungnya…dan dikejauhan, Si Setan cuman ketawa ngakak…’Makan tuh provokasi gw..hehe’…Mmmm..

Dari sebuah trigger negatif menghasilkan motivasi diri negatif yang akan menyulut provokasi negatif untuk menghasilkan sebuah tindakan negatif juga. Begitulah, hasil dari Provokasi Negatif adalah sebuah respon negatif yang cenderung desktruktif, sebuah siklis…

Di sisi lain, Provokasi Positif…tindakan yang dihasilkan adalah sebuah respon positif yang sifatnya konstruktif dan kondusif. Para motivator ulung, konsultan marketing, psikiater biasanya menggunakan provokasi positif untuk membelokkan kecenderungan negatif klien maupun pasiennya. ESQ Center, Quantum Ikhlas, dll bergerak diranah yang menjual Provokasi Positif untuk membentuk maupun memberi nuansa psikologis pada kliennya. Ada kesadaran baru yang positif meski berefek seminggu, sebulan hingga tiga bulan. “Wah, setelah ikut seminar Mario Teguh, saya menjadi sangat bersemangat ’45 untuk mencari peluang bisnis selama seminggu pertama..cuman setelah minggu-minggu berikutnya, lama-lama kok balik lagi ya. Susah sih ternyata wirausaha..”

Nah, disikuen ini, sebuah provokasi positif terbukti menghasilkan motivasi positif walaupun memang memiliki masa expire. Jelasnya, provokasi ini justru membuat dunia terasa lapang, terbukanya mata hati untuk melihat dengan view yang lebih lebar dan anehnya dapat pula memfokus untuk berkonsentrasi penuh.

Hingga dengan takjub, hati akan berucap..‘Ah, Allah SWT memang Maha Besar Rahmat-Nya, maka apapun yang terjadi didunia ini pada diri saya, kembalinya akan pada Dia semata, maka nikmat yang manakah yang akan saya dustakan..selain syukur, sebagai penutup segala pemberian-Nya?’…

Pilihan ditangan anda…menjadi provokator negatif atau positif, atau mungkin anda bergerak di ranah Intermediere Zone?…🙂

Salam

Filed under: RenuNGan,

One Response

  1. julian roy says:

    buat provokator-provokator negatif, tobat saja deh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Almanak

August 2008
M T W T F S S
    Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

TransLatOR !!!

Blog Stats

  • 82,596 hits-pemBaca

Flickr Photos

Photonic Symphony

Kuifmees / Crested Tit / Mésange huppée

6922

More Photos

Traffic Map – Posisi Moe …

Donasi ^_^

CO.CC

CO.CC:Free Domain
%d bloggers like this: