Yak-“Zone”

iMe…pourquoi?

Tai Chi…konsep dasar…

Bagi yang ingin dan berminat atau sedang berlatih Tai Chi Chuan, dibawah ini adalah 10 prinsip dasar yang harus diperhatikan …

1. Shen naik ke Atas.

Agar shen naik ke atas kepala maka kepala harus tegak lurus dengan leher. jangan menggunakan tenaga, meski kepala dapat tegak karena jika menggunakan tenaga, darah dan chi tidak dapat mengalir lancar. Jadi, meski ada niat untuk membiarkan shen naik ke atas, jika dipaksakan, tidak akan ada shen yang naik dan kesegaran mental tidak didapat. Tanda bahwa shen sudah naik adalah adanya sensasi getaran ringan di sepanjang leher dan kepala bagian belakang hingga ke ubun-ubun bagi beberapa orang yang peka, dan untuk yang kurang peka  efek tenang dan segar yang dapat dirasakan.

2. Rendahkan Dada, Naikkan Punggung.

Rendahkan dada berarti dada ditarik sedikit kedalam untuk memudahkan chi turun ke dantian (sekitar 3 inchi dibawah pusar). jangan mengembangkan dada, karena chi akan mengalir ke dada dan membuat ‘yang atas berat, yang bawah ringan’ dan tumit akan ‘terangkat’. Menaikkan punggung berarti memusatkan chi di punggung, yang secara otomatis terjadi setelah merendahkan dada karena chi akan mengalir di meridian tengah.

3. Mengendurkan Pinggang.

Pinggang mengendalikan batang tubuh. Mengendurkan pinggang memungkinkan kaki kuat berpijak sehingga kuda-kuda menjadi stabil.Semua variasi gerakan berporos di pinggang. Itu berarti pinggang menjadi poros gerakan tubuh. Dan pinggang menjadi poros gerakan pegas untuk mendorong dan membelokkan serangan lawan.

4. Membedakan yang ‘Kosong’ dan ‘Isi’.

Ini merupakan dasar filosofis dari semua gerakan dan penempatan tubuh serta inti dari teknik dasar dalam Tai Chi. Jika seluruh berat tubuh bertumpu di kaki kanan, maka berarti kaki kanan ‘Isi’ dan kaki kiri ‘Kosong’, begitupun sebaliknya. saat yang ‘Isi’ dan ‘Kosong’ dapat dibedakan, geraknya menjadi tidak bertenaga. Namun jika keduanya tidak dapat dibedakan, maka gerakan menjadi berat, dan kuda-kuda tidak stabil sehingga mudah dimanfaatkan lawan.

5. Rendahkan bahu. Jatuhkan Siku.

Rendahkan bahu berarti kedua bahu rileks dan jatuh alami.Jika bahu dinaikkan, chi akan naik dan seluruh tubuh akan kekurangan tenaga. Menjatuhkan siku berarti bahwa kedua siku rileks dan jatuh alami. Jika siku dinaikkan, otomatis bahu tidak akan turun, sehingga chi tidak mengalir jauh sampai ke ujung jari. Ini disebut ‘kekuatan yang terpecah’ yang biasa terjadi pada beladiri eksternal.

6. Gunakan Kehendak, Bukan Kekuatan.

Saat berlatih Tai Chi, seluruh tubuh harus rileks, seharusnya tidak ada ketegangan di otot, tulang, dan aliran darah, yang menyebabkan pembatasan diri. Jika relaksasinya lengkap, maka tubuh menjadi lentur dan gesit dalam gerak sirkular, pegas, menurut kehendak kita.Tapi ‘bagaimana dapat mengembangkan kekuatan jika tidak menggunakan tenaga?’. Gunakanlah kehendak, maka chi bisa diarahkan setiap saat.

7. Koordinasi Atas dan Bawah.

‘Akarnya ada di kaki, diambil dari kaki, dikendalikan oleh pinggang, diwujudkan di tangan dan jari’. Dari kaki ke pinggang, kesemuanya diselesaikan ‘di satu chi’spontan, terus-menerus tanpa henti dalam hitungan waktu satu kali bernapas yang nyaman. Gerak tangan, gerak pinggang, gerak kaki, dan keawasan mata kesemuanya berada dalam kesatuan gerak.

8. Kesatuan Eksternal dan Internal.

‘Pikiran adalah komandan, tubuh adalah pelaksana’. Ketika pikiran dilatih, gerakan dan tindakan menjadi ringan dan gesit. Pola Tai Chi adalah gerakan ‘kosong’ dan ‘isi’, ‘Nyata’ dan ‘Semu’, membuka dan menutup. Membuka tidak berarti hanya tangan dan kaki yang direntangkan, tetapi pikiran dan kehendak juga difokuskan. Jika internal dan eksternal, makrokosmos dan mikrokosmos dapat disatukan menjadi satu chi (atau tubuh energi), maka tak ada keterpisahan dalam kosmos.

9. Keberlanjutan tanpa Hambatan.

Gerakan mengalir seperti gelombang air terus menerus, terus berlanjut hingga setiap satu putaran akan diikuti oleh siklus berikutnya. Chi dialirkan secara terus menerus dengan kehendak yang menggerakkan anggota tubuh dan mengakumulasikan dalam satu chi dengan pernapasan yang memadai.

10. Mencari Ketenangan dalam Gerak.

Dalam Tai Chi, ketenangan mengarahkan gerak. Saat bergerak, ia dalam ketenangan.Strategi dasarnya adalah mengalir bersama gerak lawan, bukannya terus melawannya, sehingga praktisi Tai Chi harus tenang dan rileks dalam pertarungan untuk menggunakan teknik yang efektif.

Filed under: sERba-serBI, ,

12 Responses

  1. wedya says:

    kalau bisa saya ingin belajar tai chi, mohon dikirimkan panduan belajar taichi beserta gambarnya, saya kira tulisan tersebut bagus sekali

  2. yakzone says:

    Ini adalah konsep-konsep dasar dan filosofi, nanti ada kelanjutannya yang Insya Allah akan dilengkapi gambar atau foto.trims…

  3. Heru says:

    artikel ini cukup bagus, cuma menurut saya kurang komplit. dan mungkin bagi awam atau pembelajar Tai chi Chuan pemula agak sulit di fahami.
    tolong di kasih istilah mandarinnya biar lebih afdol. misl. rendahkan dada, naikkan punggung : kalau tdk salah : Hang Siung Pak Pei
    dst….
    salam taijiquan.

  4. yakzone says:

    Terima kasih Saudara Heru. memang istilah mandarinnya tidak terlalu dikedepankan agar awam mudah mengerti. Dan agar tidak terjebak pada terminologi bahasa saja. Namun sarannya bisa dipertimbangkan, mungkin ada yang perlu dibiarkan istilahnya, dan mungkin disesuaikan dgn ejaan YBS.
    Salam Taijiquan.

  5. pratanti says:

    terima kasih informasinya, sangat membantu bagi saya yang masih awam dengan seni pernapasan (olah raga) ini.🙂

  6. Tajud says:

    Assalamu’alaikum saudara. Sesudah saya membaca saya pengen belajar tai chi. Apa ada video atau gambar2 yang bisa saya pelajari? Salam saudara

    • yakzone says:

      Waalaikumussalaam waroohmatullah … saudara…
      Langsung saja, tentang video Taichi (terutama yang aliran Yang atau aliran baku 18, 24 form, biasanya) saya lihat sudah ada di Toko2 Buku yang agak besar, macam Gramedia, Kharisma, dll dikota anda. Ada yg ala Master David Carradine, Master Wong dll, dengan harga paling mahal 50 sd 70 rb an. Kalau gambar, anda bisa cari buku2 ttg Taichi, terbitan dalam negeri atau luar negeri, dan mencarinya di toko buku juga tentu. Advise saya, dari buku anda bisa mengenal dan memahami dulu konsep dan prinsip dasar (mind-set) Taichi, tentu saja, saya tetap selalu menyarankan mencari seorang Master, minimal senior praktisi untuk belajar. Selamat belajar!!!🙂 Salam

  7. oiz says:

    sangat bagus ,, tapi untuk saya sebagai pemula untuk gerakannya masih kurang mengerti,,, tolong peragakan satu putaran gerakan nya dalam bentuk gambar,,, itu sangat membantu bagi pemula seperti saya,,,, terimakasih,,,

    • yakzone says:

      Yth. Sdr Oiz
      Untuk saat ini, memang saya sengaja tdk memposting rangkaian gerak berupa gambar secara penuh .. dalam beberapa artikel seperti “Delapan gerak dasar tangan & Lima gerak dasar kaki dalam TAI CHI” Anda bisa melihat sebuah sikuen gerakan, silahkan dicoba dulu gerakan tersebut dengan pemahaman yang benar, berdasarkan pengakuan pembelajar biasanya kesulitan meski ada gambar, karena sifat gerakannya yang tidak putus-putus … Mungkin dibeberapa artikel selanjutnya akan saya sediakan beberapa gambar gerakan yang lain..
      Selamat berlatih !!!🙂

  8. Untuk kawasan Pulau Lombok (tepatnya lombok timur)ada nggak ya tempat belajar Tai Chi Chuan? Mohon informasinya, Saya ingin sekali masuk bela diri ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Almanak

August 2008
M T W T F S S
    Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

TransLatOR !!!

Blog Stats

  • 82,596 hits-pemBaca

Flickr Photos

Photonic Symphony

Kuifmees / Crested Tit / Mésange huppée

6922

More Photos

Traffic Map – Posisi Moe …

Donasi ^_^

CO.CC

CO.CC:Free Domain
%d bloggers like this: