Yak-“Zone”

iMe…pourquoi?

Kuda-Kuda Dasar Dalam TAI CHI…

‘Akarnya ada di kaki, diambil dari kaki, dikendalikan oleh pinggang, diwujudkan di tangan dan jari’

Karena permintaan seorang pembelajar, akhirnya saya mencoba share sedikit pengetahuan praktis tentang kuda-kuda dalam Tai Chi, dengan bahasan singkat dan semoga lebih jelas karena kehadiran gambar-gambarnya. Walaupun demikian, saya selalu menyarankan untuk tetap menanyakan langsung pada praktisi yang ada disekitar anda secara langsung agar posisinya benar dan tidak menimbulkan cedera.
Secara umum, ada 5 kuda-kuda dasar dalam Tai Chi yang harus diketahui oleh praktisi pemula atau pembelajar. Kelima kuda-kuda ini mendasari keseluruhan jurus ketika memeragakan gerakan kontinyu sesuai aliran chi secara keseluruhan.

Kuda-kuda dasar itu adalah :

a. Kuda-kuda Utama atau Kuda-kuda Naik Domba
Kuda-kuda utama atau Kuda-kuda naik Domba ini merupakan kuda-kuda pembuka dan penutup dalam rangkaian jurus Tai Chi. Posisinya merupakan posisi dimana keseluruhan berat badan dibagi rata oleh kedua kaki yang agak dilebarkan dan sedikit menekuk lutut. Jadi keseluruhan berat tubuh akan dibagi 50% di kaki kiri dan 50% di kaki kanan dengan titik berat di Yang Quan.
Lebih jelasnya lihat gambar dibawah post ini.

utamax

b. Kuda-kuda Karakter Aliran atau Kuda-kuda Empat-enam
Kuda-kuda ini disebut Karakter Aliran karena pada kuda-kuda ini mulai terjadi pembagian distribusi berat tubuh pada kaki kiri atau kaki kanan. Disebut juga Kuda-kuda Empat-enam, karena ada kaki kiri dan kaki kanan masing-masing akan menahan bobot tubuh dengan perbandingan 40% : 60%. Artinya salah satu kaki menahan bobot tubuh 40%, dan kaki lainnya menahan bobot 60%.Memang terjadi aliran gerak, aliran bobot keseimbangan dan aliran energi tentunya.Posisinya tetap dilakukan dengan sedikit menekuk lutut kedepan, seperti gambar.

empatenamx

c. Kuda-kuda Busur/Lipatan Panah
Seperti namanya, posisi kaki kuda-kuda ini akan membentuk Busur Panah yang diregangkan.salah satu kaki berada didepan dan kaki lainnya berada dibelakang. Kaki depan terlipat, lutut menekuk, mata kaki menyerong 45 derajat. Kaki depan berpijak kuat dengan posisi badan agak condong kedepan (dalam posisi ini berat tubuh yang ditahan oleh kaki depan sekitar 80%), sedangkan kaki lainnya memberikan keseimbangan kebelakang (dengan 20% berat tubuh terdistribusi). Agar lebih gamblang, lihat gambar.

busur-panahx

d. Kuda-kuda Kaki Keliru atau Kaki Semu
Kuda-kuda Kaki Keliru atau Kaki Semu sebenarnya merupakan kuda-kuda transisi untuk melanjutkan kuda-kuda berikutnya, baik itu kepada Kuda-kuda Karakter Aliran atau Kuda-kuda Kaki Tunggal. Posisi kuda-kuda ini adalah dengan Berdiri sementara pada salah satu kaki (dengan berat badan hampir 90% sd 95% pada kaki tersebut), dan kaki yang satunya berada didepan tubuh (dengan hanya menapak ringan 10% sd 5%). Posisinya tetap dilakukan dengan menekuk lutut sedemikian rupa dan tetap dalam kondisi setimbang. hal itu diperlihatkan dalam pose berikut.Gerakan ini dalam aplikasi tempur/fighting biasanya dilakukan dengan cepat, karena akan berubah menjadi kuda-kuda yang lebih setimbang. Lihat gambar…

kakikelirux

e.Kuda-kuda Kaki Tunggal
Seperti namanya, Kuda-kuda Kaki Tunggal berarti berat tubuh hanya bertumpu disalah satu kaki. Kuda-kuda ini dilakukan ketika melakukan gerak menendang atau mengangkat lutut dalam beberapa jurus tertentu. Lihat gambar..

tunggalx

Kuda-kuda dasar tersebut  dapat dilatih secara terpisah bila perlu, namun hasil akhirnya tetap tergantung pada sampai seberapa teguh dan sabar anda berlatih. Lebih baik jika peletakan kaki dan penempatan proporsi beban tubuh dilakukan dengan gerakan yang lembut, pelan dan dirasakan hingga terasa tiap ruas tulang dan otot tubuh (terutama tubuh bawah , pinggang dan kaki) berada dalam kondisi dan tempatnya masing-masing, untuk mencegah terkilir atau keseleo. Gunakan rasa anda…Ingin mencoba? ??…

Lalu bagaimana dengan pernafasan dalam Tai Chi sendiri? Setidaknya perlu ada bahasan lain tentang bagaimana nafas dan pola pengolahan energi chi ketika kita ‘perform‘. Mungkin akan dibahas selanjutnya…ditunggu saja…

Filed under: sERba-serBI, ,

42 Responses

  1. Ling Mei says:

    Brapa lama agar bisa menguasai kuda-kuda ini? .. dan kenapa belajar Tai Chi rasanya begitu sulit ? padahal kalau dilihat gerakannya begitu enteng dan sepertinya gampang dilakukan? Padahal saat saya belajar Taekwondo gampang banget. Maaf Master, bukannya saya mau membandingkan dengan yang lain.
    Salam

  2. temennya YPrab says:

    @Ling Mei

    Anda belajar Taiji juga?
    kalo dari Taekwondo ke Taiji memang agak repot..
    Taekwondo itu lebih ke kelincahan, sedangkan Taiji lebih ke kekuatan.
    kalau kita lihat di alam:
    cheetah=> lincah
    singa=> kuat
    padahal sama2 kucing

    gajah=> lebih kuat

    coba perhatikan struktur binatang2 tersebut.
    semoga bisa jadi inspirasi

    saya dulu juga ikut Taekwondo..

    cepet atau tidaknya sangat tergantung pada tiap individu. ini hubungannya sama rasa.

    syaratnya untuk taiji adalah ketenangan pikiran.
    jadi jangan terburu-buru.. nikmati saja..

    kalau anda shalat atau meditasi, cobalah lebih khusyu/fokus dan tenang… ini sangat membantu tuk Taiji..

    Namaste

  3. curly says:

    Hi, nice post. I have been thinking about this topic,so thanks for posting. I will probably be subscribing to your posts. Keep up the good work

  4. yakzone says:

    Saya sependapat … Sdri. Ling Mei, memang anda harus mau beradaptasi dari yang dulu lincah menggunakan kaki (Taekwondo), maka dalam Taichi tidak akan banyak tendangan. Konsep pertahanan anda juga harus dirubah, jika dulu konsep menyerang atau bertahan banyak menggunakan kaki, sekarang biarkan kaki tetap menopang tubuh anda dengan sempurna, dan mulai berlatih menggunakan ‘rasa’ untuk membaca kemana lawan bergerak.
    Saran saya untuk berlatih kuda-kuda adalah : sabar dan rasakan kaki (persendian, otot, tulang)saat melakukan kuda-kuda.
    Selamat berlatih !!!

  5. yustinus says:

    saya mau tanya, selama ini saya latihan senam Tai Chi, 24 jurus, apakah berbeda dengan tai chi untuk beladiri, mohon penjelasannya.

  6. yakzone says:

    Pak Yustinus yth. …
    Tai Chi adalah ilmu beladiri aliran lembut. Sebenarnya ada beladiri aliran lembut lainnya semacam Hsing I, Bagua dll, perbedaannya dengan aliran keras bisa dilihat dalam peragaan dan penampakan formasi gayanya.
    Tai Chi sendiri mengalami perkembangan sejak turun gunung (dari perguruan Wudang/Butong Pay)dan tersebar dimasyarakat. Dari bentuk tradisionalnya, kemudian mulai banyak mengalami modifikasi dan menjadi ilmu ‘keluarga’ (karena selanjutnya, pengajaran Tai Chi ini banyak memiliki variasi gaya, yang saya sebut sebagai gaya keluarga, semacam dari Keluarga Chen, keluarga Wu, Keluarga Yang dll).
    Berkembang hingga pemerintah Cina mencoba untuk mengambil dan mencomot disana-sini gerakan Tai Chi yang disimplifikasi/disederhanakan..untuk keperluan senam nasional mereka..(kalau kita mungkin sepert senam kesegaran jasmani🙂 )
    Jadilah 24 jurus itu, dan secara prinsip memang diperuntukkan untuk kesegaran jasmani dan menunjang kesehatan, namun saya pikir masih bisa dipakai untuk beladiri walaupun terbatas…begitu.
    Saran saya, silahkan saja diteruskan latihannya …

  7. bkn Y. Prabowo says:

    “Sebenarnya ada beladiri aliran lembut lainnya semacam Hsing I, Bagua dll, perbedaannya dengan aliran keras bisa dilihat dalam peragaan dan penampakan formasi gayanya.”

    saya liat bagua dan aliran chen gerakannya keras.
    mohon penjelasannya.

    oh, jadi film taichi master itu bener?

  8. yakzone says:

    Begini Mas Athaya … aliran lembut bukan berarti gerakannya harus selalu lembut … seperti pada Bagua, atau Chen, dalam aliran Wudang juga ada variasi gerakan menghentak …

    Beladiri aliran lembut, kecuali Aikido, biasanya mengikuti gerakan mengalir-berkesinambungan, bukan patah-patah seperti pada aliran keras. Pada beladiri aliran keras, pada awal gerakan sd selesai biasanya dilakukan dengan mengepalkan jari, mengeraskan otot tangan, kaki atau perut. Sedangkan pada aliran lembut, harus dimulai dengan rileks dan tenang, ‘merasakan energi’ … begitu. Sebagai praktisi energi, saya percaya anda mengerti maksudnya.
    Untuk Bagua, gerakan utama kaki melangkah melingkari titik pusat dan gerakan tangan yang rileks dan fleksibel musti dilakukan dengan rileks. Jika dijalankan dengan kaku dan terputus-putus, aliran chi akan terhambat. Inilah aspek aliran chi yang dominan dalam beladiri aliran lembut.
    Tentang film taichi master, benar tidaknya saya pikir juga tidak seluruhnya benar ceritanya. Ada dramatisasi dan itu biasa dalam perfilman.
    Dan memang ada banyak versi sejarah Tai Chi sendiri, benar tidaknya versi tersebut, wallahu’alam….
    Terimakasih.🙂

  9. Anteja says:

    Ada tidak filemnya atau cara berlatihna dari jurus 1 sampai terakhir?
    supaya saya download,,,,

    terima kasih,

  10. yakzone says:

    Saya lebih menyarankan untuk belajar langsung dari seorang Sifu/master. Itu agar anda tidak terjebak pada koreografi saja, ada inti dalam tiap perform. Tulisan yang saya sampaikan itu untuk memotivasi dan menambah khasanah bagi penikmat, pembelajar dan pemerhati beladiri, khususnya Tai Chi. Kalau memang ingin belajar dari video, silahkan mencari CD/DVD Taichi di toko buku besar, dengan Master /Sifu siapapun, selanjutnya anda harus belajar dan bertanya pada Master/Sifu anda. Untuk hasil yang benar, tentunya … Selamat Berlatih!!

  11. elsa says:

    apakah belajar ilmu beladiri tai chi dapat menurunkan berat badan dan menguatkan otot otot paha dan otot tubuh misal nya perut . bolehkah saya mendapat kan DVD or CD or download gerakan-gerakan dari internet?

  12. yakzone says:

    Sdri.Elsa,
    Belajar Tai Chi, jujur saja tidak akan menurunkan berat badan…:), karena Tai Chi tidak seperti Senam Aerobik atau senam2 sejenis untuk melangsingkan tubuh. Tai Chi adalah beladiri dan meditasi gerak internal. Efek langsungnya biasanya pada terawatnya organ dalam dan aliran faal dan energi tubuh dalam jangka panjang.
    Otot paha tentu saja akan menjadi kuat dengan kuda-kuda dalam Tai Chi (baca kembali artikel saya diatas), namun untuk otot perut, tidak serta merta, karena saat berlatih Tai Chi, perut anda harus rileks..jadi konstraksi otot minimal.
    Tentang video Tai Chi, silahkan saja membeli di toko buku, misal made in David Carradine atau master lainnnya, tapi selalu saya lebih sarankan untuk belajar langsung dari Master Tai Chi yang ada di sekitar anda. Begitu…:) Selamat berlatih!!
    Salam

  13. bayinullah says:

    Assalam, Pak.
    Mohon izin saya copy tulisan bapak…
    kebetulan dikantor saya ada kegiatan belajar Tai chi.. dan insyalloh saya tertarik
    terimaksih

    Bayinullah

    • yakzone says:

      Silahkan Mas, saya menghargai etika anda untuk meminta ijin saat meng-copy tulisan seseorang, langsung dari penulisnya. Salam untuk teman-teman disana, ‘Selamat Berlatih dan Semoga Berkah’…Amiin🙂

  14. leo says:

    saya latihan thai chie kungfu tapi lebih mengarah pada bela diri apakah thai chie memang memiliki aliran yang seperti itu memang ada ataw bgmana..?? pak…???

    • yakzone says:

      Mas Leo…
      mungkin yg dimaksud ‘tai chi’…bkn ‘thai chie’, begini, aslinya tai chi adalah beladiri. hanya sekarang ini lebih banyak orang mengambil gerakan yg lebih mudah pada aspek kesehatan saja. jadi silahkan lanjut latihannya…;)

  15. Meidhy says:

    hallo slam knal..!!
    saya mau tanya, kira” klo yg ikut Kung Fu latihan Tai Chi-nya lama g?? n ada CD untuk pmbelajaran-nya g??

    Salam..🙂

    • yakzone says:

      halo juga, dan salam kenal juga …
      Biasanya bagi yang sudah pernah ikut kungfu, akan lebih cepat berlatih Tai Chi … namun tentu saja tetap tergantung pengalaman dan pemahaman konsep dari praktisi. Tentang CD sudah banyak yang beredar di toko Buku macam Gramedia, Gunung Agung, Kharisma dll … sebagai starting point, it’s Ok, tapi selanjutnya tetap berkonsultasi dan belajar dari Master terdekat ditempat anda…🙂
      Selamat Berlatih …

  16. nuno' says:

    maaf saya mau tanya… kalau boleh tw gimana cara belajar yg baik selain dari master langsung?????
    karena di tempat saya tinggal tidak ada….
    yg saya tw semuanya tentang silat… dan mungkinkah akan bisa mnguasai tai chi setelah menguasai silat???
    tolong di jawab ya mas…
    terimakasih sebelumnya saya ucapkan…

    • yakzone says:

      Lebih baik tetap belajar dari Master disekitar tempat tinggal anda … ini karena akan banyak instruksi dan penjelasan yang ‘praktikal’ dan filosofi gerak serta pengolahan energi yang biasanya secara khusus dimiliki oleh master…..
      Saya juga mempunyai teman2 pesilat dari beberapa aliran, dan kami juga share pengetahuan, dari sana saya pikir bisa saja seorang pesilat belajar Tai Chi ,,, jadi tetaplah optimis..🙂

  17. Septa Andreas Repie says:

    Salam Kenal sebelumnya…..
    Selamat siang, maaf sebelumnya, saya ingin bertanya untuk mempelajari ilmu Tai Chi sebaiknya di umur berapa? Kebetulan saya mempunyai 2 anak laki2 yg masih di bawah 5 tahun. Yg besar 4 tahun 2 bulan dan yg kecil april 2011 ini berumur 3 tahun…. Dan saya ingin anak yg besar belajar seni bela diri Tai chi….. Dan saya minta info tempat belajar tai chi di kota Denpasar-Bali. Krn saya tinggal disana…..
    Terima kasih atas jawaban dan informasinya…..
    Selamat siang…..

    • yakzone says:

      Salm kenal juga,
      Saran saya, lebih baik mengenalkan Tai Chi saat anak sudah bisa diajari konsep, misal usia SMP mendekati SMA … kalo yang masih 5 tahun kebawah mending dibikin fun saja, ngikut ayahnya pas latihan. Untuk info tempat latihan, maaf blom bisa bantu. Selamat berlatih…🙂

  18. jacky says:

    maaf master mau tanya nihhh…
    bisa ngga orang belajar Tai chi lewat internet..!!
    maklum di sini susah cari guru tai chi,..!!!
    gimana menurut master..????

    • yakzone says:

      Saudara Jacky…
      Simple saja, misalkan itu bisa…lalu apa bisa tahu yang sudah dipelajari itu sudah benar atau salah, taruhannya tubuh anda sendiri lho. Salah posisi kaki, anda bisa keseleo atau salah posisi tangan dan melenting malah bisa bikin terkilir. lalu energinya,…saya tidak bisa menjamin jawabannya.🙂

  19. Budiman says:

    Terima kasih atas pencerahannya master,
    Uraian master membuat kami menjadi sangat tertarik untuk belajar langsung dengan sifu Tai Chi langsung ketimbang belajar dari CD…

  20. riz says:

    maaf, master saya mau bertanya ketika saya belajar pada satu guru sehingga tiba pada satu tingkatan karakter energi, ketika saya mengaktifkan energi saya dengan pernafasan saya ada satu gerakan yang diluar nalar saya dan kendali saya…. apakah itu normal?
    tolong dijelaskan master, satu lagi master apa yang dimaksud 5 naga hitam dalam sistim totok?
    terima kasih sebelumnya…

    • yakzone says:

      Saudara Riz,
      Fase merasakan energi ini adalah fase yang sangat pribadi dan spesifik bagi tiap individu. Anda berada di fase pencerahan, mengenal energi dan batasan anda sendiri. Merasakan aliran chi anda di jalur2 meridian tubuh anda. Tapi saya agak sangsi dengan apa yang anda sebut ‘satu gerakan yang diluar nalar saya dan kendali saya’. Dugaan saya, bahwa anda tidak sepenuhnya lepas kendali seperti yang anda deskripsikan dengan ‘diluar nalar dan kendali saya’. Anda sebenarnya ditahap merasakan aliran energi ini seolah ‘menggerakkan’ anda, tapi saya yakin sepenuhnya bahwa anda tidak sedang tidak sadar atau mungkin pingsan, anda hanya mencoba ‘mengikuti’ arah aliran energi yang mengalir. Anda sepenuhnya sadar dan tetap dalam kendali refleks energi. Mungkin yang anda maksud adalah motorik kehendak anda anda pasrahkan pada motorik energi. Ini yang terjadi sebenarnya. Silahkan dilanjutkan dan tidak perlu khawatir karena saya yakin anda tidak sedang ‘kesurupan’..🙂.
      Untuk pertanyaan tentang 5 naga hitam dalam sistem totok, mungkin yang anda maksud adalah Dim Mak (titik fatal kematian). Jika ya, mohon maaf, saya belum mendalami soal ini karena ini adalah ilmu langka dan rahasia. Sekian dulu dari saya. Selamat Berlatih…🙂

  21. edix says:

    Salam kenal master…
    saya mau tanya, klo salah belajar tai chi energy bisa menyebabkan efek samping terhadap tubuh???
    trims master…..minta penjelasannya,

    • yakzone says:

      Salam kenal Mas Edix…
      Salah belajar taichi? ….. salah postur?salah nafas?atau salah penempatan kaki?..jika yang dimaksud salah postur, misal salah penempatan kaki, tentu berpengaruh di titik berat tubuh anda sendiri, kuda2 anda menjadi limbung, tumit tertekan dalam posisi yang keliru yang bisa mengakibatkan bengkak, keseleo, salah urat , atau mungkin malah terjatuh … seringkali salah postur ini kadang juga terjadi pada posisi perputaran pinggang yang keliru, indikasinya anda menjadi mudah capek (karena di taichi sebenarnya anda sedang belajar menyeimbangkan titik berat tubuh anda sendiri dan merasakan aliran energinya, yaitu di titik Dan Tian). Kesalahan postur ini sebenarnya secara fisik relatif, pengalaman saya pribadi benar atau tidaknya postur tubuh anda saat perform hanya anda sendiri yang tahu. Sifu anda hanya melihat bentuk luar dan mengoreksinya bila dirasa salah (itu sebenarnya terlihat pada postur aanda sendiri yang biasanya kikuk atau canggung saat melakukan gerak tertentu (kaku, tidak nyaman, tidak relaks)) dan seringkali kesalahan gerak diakibatkan karena anda tidak dalam kondisi rileks (untuk praktisi energi, biasanya disebut kondisi alpha). Mintalah sifu anda yang bisa merasakan aliran chi anda (seharusnya demikian, jika anda memintanya) untuk mengecek minimal selubung energi dari aliran chi seharusnya terbentuk saat anda perform. Beberapa master atau sifu memiliki tipikal mengajar yang berbeda, ada yang memulai dengan gerakan hafalan beberapa jurus dulu (form/bentuk) untuk melatih kesabaran, mental, dan rileksasi/kondisi alpha, baru kemudian menambahkan nafas, fokus, visualisasi dan metode aliran chi. Sementara master atau sifu yang lain langsung mengajarkan cara rileksasi, nafas, fokus, visualisasi baru sambil jalan memasukkan jurus (form/bentuk). Resume penjelasan saya begini: jika posisi tubuh anda salah, tubuh anda menjadi tidak seimbang, sehingga aliran energi menjadi tidak lancar. Efek sampingnya, anda bisa terkilir, salah urat, keseleo, bengkak, dan tentu saja menjadi tidak sehat…:).. Selamat berlatih …

  22. Savana says:

    Master, apakah pada tingkatan tertentu energi yang dikeluarkan dapat menahan gerak lawan bahkan sampai terhuyung seperti terkena medan magnet? Terima kasih atas jawabannya

    • yakzone says:

      Salam kenal Savana..
      Yang anda ceritakan itu mungkin mirip dengan apa yang diistilahkan sebagai ‘stroom’ di beberapa perguruan silat, (terutama yang basisnya ilmu hikmah). Kondisi terhuyung2 setahu saya dalam Tai Chi tidak karena adanya medan magnet, tapi karena hentakan saat membalikkan serangan lawan. Jadi, lawan tetap tersentuh praktisi. Hingga kini saya belum bertemu praktisi Tai Chi yang bisa menahan gerak lawan tanpa harus bersentuhan, dan belum pernah saya temukan literatur tentang itu. Wallahua’laam…Selamat berlatih..🙂

  23. Savana says:

    Tanya lagi Master, pernafasan dalam Taichi yang benar keluar nafas lewat hidung atau mulut, dan apa boleh mengeluarkan nafas sambil mengeraskan otot-otot perut, pinggang dan jari-jari tangan? Sekian, mohon jawabannya, terimakasih

    • yakzone says:

      Pernafasan dalam Tai Chi, nafas keluar lewat mulut dan sebagian hidung (setelah posisi Wuji)…saat melakukan Fa Jing (ledakan energi) biasanya memang sambil mengeraskan otot perut, pinggang & jari tangan, dan sepersekian detik kemudian, Anda harus kendur kembali ….. Selamat Berlatih.

  24. edmon mantiri says:

    Salam damai master. Saya pernah belajar silat dan, apa bisa di gabungkan dengan tai chi?

    • yakzone says:

      Salam Damai Sdr. Edmon. Penjelasannya begini: Tai Chi dan Silat memang sama-sama ilmu dan seni beladiri, namun dasar filosofi yang dipakai berbeda (terutama silat, yang lebih banyak variannya dan berbagai macam aliran seperti halnya Kung Fu)..jika ingin digabungkan, sebenarnya apa tujuannya, apa yang ingin dicapai?kebaharuan semata?tampil beda saja? atau apa?..namun, saya pikir, selama itu masih bersifat hasil budi daya pikiran dan kreasi manusia, semuanya dimungkinkan…:). Selamat berlatih🙂

  25. sulis says:

    salam kenal…saya baru tahap awal belajar tai chi… ada tutur videonya gk ya… trimz

  26. suheri says:

    Boleh dong diajari seni napasnya

  27. yoyok says:

    salam kenall, gan, masih nyimak

Leave a Reply

Almanak

April 2009
M T W T F S S
« Feb   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

TransLatOR !!!

Blog Stats

  • 82,596 hits-pemBaca

Flickr Photos

Photonic Symphony

Kuifmees / Crested Tit / Mésange huppée

6922

More Photos

Traffic Map – Posisi Moe …

Donasi ^_^

CO.CC

CO.CC:Free Domain
