Yak-“Zone”

iMe…pourquoi?

DEJA VU …. sebuah pesan khusus?

DEJA VU… sebuah frasa Perancis dan artinya secara harafiah adalah “pernah lihat“. Saat seseorang mengalami suatu pengalaman yang rasanya pernah dialami sebelumnya. Fenomena ini juga disebut dengan istilah paramnesia dari bahasa Yunani para (παρα) yang artinya adalah “sejajar” dan mnimi (μνήμη) “ingatan”.
Beberapa kurun waktu yang lalu, seorang teman bercerita pada saya tentang fenomena ini. Akhir-akhir ini dia mengalaminya. Kebetulan beberapa bulan sebelumnya saya juga mengalaminya. Dan saat masih kecil dulu, saya sering mengalaminya. Seolah dalam sepersekian detik kedepan, saya bisa memprediksi tentang apa yang saya lakukan selanjutnya, atau orang lain disekitar saat itu akan melakukan apa atau mengucapkan apa, dll, … yang dulu saat saya masih bocah begitu heran saat terjadi.
Secara fisik, biasanya kepala terasa begitu rileks dan ringan, dan seolah mata sedang meng’capture’ view disekeliling kita. Dan dalam sepersekian detik seolah otak lalu berproses dengan cepat, merespon kejadian itu, dan dia (baca:otak) seolah mengakses database memorinya dan menyatakan bahwa hal ini pernah terjadi sebelumnya….
Saya lebih suka menyebut fenomena Deja vu ini sebagai sebuah ‘alarm of memory’ dari sebuah takdir yang sudah ditanamkan dalam gen kita oleh Allah SWT, begitu kita dijadikan manusia. Sebuah pengingat bahwa apa yang kita kerjakan saat itu sebenarnya memang sudah digariskan-Nya.

Tapi bagaimana dengan pilihan-pilah dalam hidup? Bukankah begitu banyak? Pendapat saya, pilihan dari banyak pilihan-pilihan yang kita pilih itu sendiri sebenarnya merupakan hal yang juga sudah digariskan-Nya. Namun, seolah-olah ego kita unjuk gigi dan menyatakan bahwa itu adalah dari kita, pilihan kita. Padahal ….🙂
Maka bagi siapapun yang mengalami Deja Vu, lebih baik melakukan instropeksi diri, karena biasanya dia sedang akan melalui tahapan-tahapan baru dalam hidupnya, entah apakah itu ‘sudah waktunya menikah’, ‘sudah waktunya punya anak’, ‘naik jabatan’ dll … Yang jelas, kita mungkin sedang diingatkan saat memasuki sebuah babak baru, dan secara unik, diri kita sendiri mengingatkan hal itu…sebuah alarm alami.
Dan jika menurut penelitian para pakar, setidaknya 70% penduduk bumi pernah mengalami fenomena ini, maka terbersit dalam pikiran saya dan mungkin anda, hal khusus apa yang bisa kita dapat dari fenomena itu? ataukah itu memang sebuah pesan khusus dari Sang Pencipta? Bagaimana persepsi anda? …

Filed under: RenuNGan, ,

2 Responses

  1. roy hasan says:

    kayaknya kalo di film The Matrix, dejavu ini dikatakan sebagai error dalam sebuah sistem.Tapi kan gak lucu, kalo Tuhan salah atau bikin error. ????

  2. yakzone says:

    error dalam sistem tentu tidak mungkin Pak, dan Tuhan tidak akan pernah salah tentunya.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Almanak

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

TransLatOR !!!

Blog Stats

  • 82,596 hits-pemBaca

Flickr Photos

Photonic Symphony

Kuifmees / Crested Tit / Mésange huppée

6922

More Photos

Traffic Map – Posisi Moe …

Donasi ^_^

CO.CC

CO.CC:Free Domain
%d bloggers like this: