Yak-“Zone”

iMe…pourquoi?

Delapan gerak dasar tangan & Lima gerak dasar kaki dalam TAI CHI

ichingBeberapa khasanah klasik, disebutkan juga mengenai 13 teknik Tai Chi. Ini bukan merujuk pada 13 gerakan atau formasi, namun lebih kepada delapan gerak dasar tangan dan lima gerak dasar kaki. Pengambilan esensi 13 teknik ini mengacu pada Delapan Diagram (Bagua) dan Lima Unsur (Wuxing).

Delapan Diagram yang diambil esensinya sebagai 8 gerak dasar tangan ini bisa dijabarkan sebagai berikut:

* Peng = menangkis (halting)

* Lu = memutar (twisting)

* Qi = menekan (pressing)

* An = mendorong (pushing)

* Lie = menyebar (scattering)

* Cau = mengambil (taking)

* Zhou = menyiku (elbowing)

* Kao = bersandar (leaning)

Lima Unsur  atau Lima Elemen (dikemas menjadi 5 gerak dasar kaki) :

* Jin = bergerak kedepan (move forward)

* Tui = bergerak mundur (move backward)

* Ku = bergerak ke kiri (move to left)

* Pan = bergerak ke kanan (move to right)

* Ding = tetap di tengah (within middle)

Kombinasi dua gerak dasar dari Delapan Diagram dan Lima Unsur ini akan lebih jelas ketika seorang praktisi sedang berlatih dan ‘perform’, dan memang lebih baik anda bertanya pada Master/Sifu anda yang mana dan kapan saat Lu, lalu An atau Lie kemudian Zhou dan seterusnya. Dan bagaimana gerak dasar kakinya, apakah Jin, atau Ku atau tetap Ding. Semua sudah terangkum dalam gerakan Tai Chi.

Pada dasarnya tidak ada urutan baku, akan ada perubahan (iching) selalu,  karena kesemuanya terjadi kondisional, sesuai keadaan yang saat itu terjadi.

Slide1

Memang tidak mudah bagi para pembelajar khususnya pemula untuk mempelajari Tai Chi jika tidak bisa bersikap tenang dan seimbang serta memiliki visualisasi dan kontrol energi, dibanding hanya berfokus pada gerakan fisik. Pembelajar yang demikian biasanya akan terfokus pada satu hal dan sulit bergerak simultan.

Lebih jelasnya begini, saat melakukan gerakan dan fokus mengingat gerakan tangan, maka disaat yang sama, gerakan kakinya akan lupa, atau saat fokus pada gerak kaki, maka disaat yang sama pula gerakan tangan lupa. Atau ketika fokus mengingat gerakan tangan dan kaki, maka disaat itu juga perputaran pinggang dan orientasinya akan terlupakan. Begitu dan ini hal yang sering terjadi. Dan jika ditanya kenapa begitu, kebanyakan akan menjawab, ‘karena gerakannya menyambung terus,  seolah tiada putusnya’.

Tidak seperti beladiri lainnya yang bisa dipecah menjadi paket-paket gerak dasar, yang dilakukan putus-putus. Ini menjadi salah satu ciri khas Tai Chi.

Para Master sebenarnya mengetahui hal ini, namun kondisi itu sebenarnya bukan sebuah masalah, karena setiap Master memiliki metode sendiri-sendiri untuk menjelaskan dan mengajarkan pada muridnya. Saya menganggapnya sebagai sebuah hak prerogratif, karena selanjutnya  murid itu sendiri harus menemukan sendiri teknik yang tepat untuk dirinya, mempelajari tiap ruas dan posisi otot yang sudah diberikan dalam tubuhnya. Artinya , dia harus menundukkan tubuhnya, pikirannya dan energinya untuk menyatu dalam sebuah meditasi gerak Tai Chi. Inilah Tai Chi, menyelami diri berikut kekuatan pribadi, …

Karena itu, .. Tetap Semangat !!!

Filed under: sERba-serBI,

21 Responses

  1. Edward Li says:

    Trimakasih. baru kali ini nemu yang beginian di internet, thx pencerahannya Master !
    Salam .

  2. muramasa says:

    mantaff,bahasan pak yakso.saya tunggu posting berikutnya ttg taichi.

  3. subhan168 says:

    termakasih mas…ter, saya sedang memperdalam Tai Chi juga tapi menjurus ke Fight. dasar-dasar saja dulu latih sampai mahir. nanti juga reflek sendirinya, begitu bukan??????

    • yakzone says:

      Sama-sama Mas Subhan Yth. Selamat berlatih, karena kuncinya ada dalam diri anda sendiri … :)) Asal tidak terburu-buru …

  4. Aries says:

    Makasih mas atas artikelnya ok banget. Mau tanya mas di bekasi dimana bisa berlatih tai chi?

    • yakzone says:

      Salam kenal Mas Aries,…
      Saya tidak tahu daerah bekasi, mungkin ada rekan2 sesama praktisi pembaca blog ini yang bisa membantu anda.
      Namun, tetap semangat !!🙂
      terimakasih sudah mampir…

  5. sasongko aji says:

    master taichi ma tenaga dalam pa bdnya?truzt bgmn cara ngebuka tenaga dalam??share…

    • yakzone says:

      Mas Aji…
      Dalam Taichi ada tenaga dalam … jadi Taichi juga membangkitkan tenaga dalam dan mengalirkan chi…tentang cara ‘membuka’ tenaga dalam, nanti akan dibahas dalam artikel lain …🙂

  6. ray says:

    kalo di bandung, ada yang ngajar privat buat tai chi ga yah? makasih sebelumnya

  7. Dhana says:

    Thanks master…. maju terus, kebetulan saya jg suka beladiri tai chi, saat ini jg saya aktif di beladiri kung fu, jadi ya posting master ini sangat membantu, saya tunggu posting berikutnya…. o ya mas di Lombok Nusa Tenggara Barat ada gak praktisi tai chi di sini? di kota Mataram, NTB.

  8. someone says:

    master.. aku sudah merasakan “bola” energi di kedua telapak tanganku (sampai muncul getaran listrik).. mohon bantuannya untuk memperkuat energiku ini…

    • yakzone says:

      Saudara/i…
      Selamat jika anda sudah bisa merasakan ‘bola’ energi di kedua telapak tangan..🙂
      Untuk memperkuat, silahkan menambah visualisasi dan afirmasi.. (afirmasikan & visualisasikan ‘bola’ energi yg berada dikedua telapak tangan semakin padat dan membesar…lalu padatkan dan besarkan..lalu padatkan dan besarkan..lalu padatkan..) Selamat mencoba!!!

      • someone says:

        jujur, selama ini blom ada yg bisa “membimbing” saya.. dan dari energi ini pun saya bisa melakukan “penyembuhan” (hanya dengan menempelkan telapak tangan saya saja).. komentar “korban2” saya :”tangan kamu panas sekali”… dan saya “sadar” ternyata energi saya berlebihan… saya mohon dengan amat sangat saya butuh “bimbingan”….saat ini saya sedang berlatih pernapasan (ternyata susah juga) master…🙂

  9. hafiz says:

    AKU GX NGERTI MASTER….tlong jelasin gimanah cara kerja nya,,?

    • yakzone says:

      Saudara Hafiz,
      Silahkan membaca semua artikel dan beberapa reply dalam blog ini. Semoga menemukan pencerahan.Tidak perlu terburu-buru, namun tetap fokus. Selamat Membaca …

  10. komang wirsana says:

    terimakasih sudah menyajikan tentang tai chi . kalau saya boleh tau , bagaimana cara melatih pernafasan tai chi dan adakah yg menjual buku tentang tehnik” tai chi ? saya ada dibali , dmna saya bisa dapatkan semua itu di bali . terimakasih atas semua info nya .

  11. Terkait dengan yim-yang, saya ingin bertanya admin.
    di artikel sebelah dengan judul artikel yang sama dengan yang ada di artikel ini, di tulis bahwa, “TAICHI MERUPAKAN INDUK DARI YIM DAN YANG”. yang ingin saya tanyakan adalah dalam pemahaman saya yang masih awam ini, bahwa tai-chi lahir dari prinsip yim dan yang, bukan yim-dan yang lahir dari penciptaan taichi. mana kira-kira pandangan yang benar???

    • yakzone says:

      Prinsip dasarnya, semua lahir dari kekosongan (wuji) dan terlahir sebagai yin-yang, kemudian akan musnah dalam kekosongan (wuji). Itu kenapa gerakan pertama tai Chi adalah wuji ‘kekosongan’ –empty mind, dari situ energi mengembang, mengalir dan menimbulkan gerakan2 di tiap bagian tubuh..kondisi isi dan kosong–yin yang, itu pada akhirnya akan berakhir dalam kondisi wuji –kekosongan dan energi mengendap tenang di dantien..Semoga mempejelas pemahaman anda…Selamat berlatih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Almanak

June 2009
M T W T F S S
« May   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

TransLatOR !!!

Blog Stats

  • 82,596 hits-pemBaca

Flickr Photos

Photonic Symphony

Kuifmees / Crested Tit / Mésange huppée

6922

More Photos

Traffic Map – Posisi Moe …

Donasi ^_^

CO.CC

CO.CC:Free Domain
%d bloggers like this: